Cara Daftar Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Guru ASN PPPK Tahun 2021

Hai Guru Hebat seluruh nusantara. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa Kemendikbud telah merilis sebuah media latihan bagi para Guru Honorer yang ingin mengikuti uji seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Tahun 2021 ini. Selengkapnya mari kita bahas tentang hal tersebut.

Salah satu fitur yang diberikan pada platform Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang dirintis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini telah mempersiapkan berbagai fasilitas yang tujuannya menunjang keberhasilan para guru serta sebagai bekal tambahan agar siap dalam mengikuti seleksi Guru ASN PPPK 2021.

Fasilitas yang diberikan dalam program ini adalah Materi pelajaran, Perangkat pembelajaran, Latihan Soal, Community Learning bahkan hingga latihan Tryout.

cara daftar guru belajara asn pppk

Dengan adanya Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK ini diharapkan bisa diikuti oleh seluruh guru honorer calon ASN PPPK yang telah memenuhi beberapa kriteria sebagaimana berikut:

- Guru honorer, termasuk guru eks-THK-2;
- Guru non-PNS yang sudah disertifikasi;
- Guru non-PNS yang belum disertifikasi, tapi terdaftar di Dapodik pada akhir Desember 2019;
- Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang hingga saat ini masih belum mengajar.

Sedangkan syarat untuk dapat mengikuti Program Guru Belajar Seri PPPK ini sasaran utamanya adalah Guru bukan PNS dan Guru yang telah memiliki Akun pada platform SIM-PKB Kemendikbud.

Tujuan yang diharapkan Kemendikbud melalui platform Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK ini adalah tidak lain untuk membekali wawasan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan untuk dapat mengikuti tes seleksi Calon Guru ASN PPPK dengan baik.

Dengan tujuan tersebut, maka program yang dijalankan pada platform Ayo Guru Belajar dan Berbagi ini dirancang secara fleksibel, sehingga dapat diakses dengan mudah menggunakan perangkat media Tab/Pad, komputer, laptop atau bahkan smartphone oleh setiap guru honorer calon ASN PPPK di seluruh Indonesia.

Cara Daftar Program Ayo Guru Belajar Kemendikbud

Sebelum kita membahas tentang cara registrasi akun Guru Belajar yang diinisiasi oleh Kemendikbud, maka ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui oleh Bapak / Ibu Guru agar dapat memahminya dengan baik, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Jadwal registrasi / pendaftaran akun Guru Belajar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK akan dimulai pada tanggal 3-12 maret Tahun 2021. Sedangkan untuk jadwal tryout akan dibuka mulai tanggal 15 Maret sampai 7 April 2021;

- Ketentuan lainnya adalah bagi guru honorer peserta yang sudah mengikuti program tersebut, maka akan mempunyai satu kesempatan untuk mengganti mata pelajaran dan melakukan tryout ulang.

Oleh karenanya, bagi Bapak / Ibu Guru yang hingga sekarang masih belum melakukan pendaftaran pada akun Guru Belajar dan Berbagi, maka disarankan agar segera mengakses dan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Kemendikbud tersebut.

Sedangkan cara melakukan registrasi Akun Guru Belajar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, Bapak / Ibu Guru dapat memperhatikan dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Pertama, kunjungi alamat web berikut https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/.

- Langkah selanjutnya adalah klik pada tombol 'Mulai Belajar', beberapa saat kemudian akan muncul halaman login ke Akun SIM-PKB.

- Selanjutnya silahkan masukkan Username dan Password SIM PKB Bapak / Ibu, lalu klik tombol Masuk.

- Jika Bapak / Ibu telah berhasil login, maka sistem akan secara otomatis menampilkan keterangan terkait ketentuan Anda bisa melakukan pendaftaran pelatihan sesuai dengan syarat-syarat pembelajaran atau tidak. Jika Bapak / Ibu Guru dinyatakan layak, maka selanjutnya akan muncul notifikasi pemberitahuan.

- Setelah itu, klik tombol Daftar pada pesan pemberitahuan yang muncul lalu pilih mata pelajaran yang sesuai dengan program studi yang Bapak / Ibu ampu sesuai dengan kualifikasi pendidikan D4/S1 masing-masing. Kemudian jangan lupa untuk Ceklis pada bagian kotak kecil yang berada di sudut kiri, kemudian klik opsi Daftar.

- Jika Bapak / Ibu berhasil dalam melakukan pendaftaran, maka biasnaya akan munucul notifikasi yang mengatakan 'Anda Berhasil Mendaftar Di Mata Pelajaran' dan selanjutnya akan ada informasi detail terkait jadwal pada halaman tersebut.

- Sampai sini, pendaftaran Anda telah Selesai dilakukan.

Demikian yang dapat kami bagikan melalui blog Guru Abata ini tentang cara Daftar Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Guru ASN PPPK Tahun 2021. Semoga informasi yang kami bagikan terkait panduan pendaftaran Ayo Guru Belajar Seri Guru PPPK Tahun 2021 ini bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru semua. Semoga berhasil, terimakasih.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama