Panduan Menteri Kesehatan Untuk Pencegahan Covid-19 Di Pesantren

Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Di Lingkungan Pesantren tertuang...Keputusan Menteri Kesehatan Nomor Hk.01.07/Menkes/2322/2020...
Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Di Lingkungan Pesantren tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor Hk.01.07/Menkes/2322/2020 Tentang Panduan Pemberdayaan Masyarakat Pesantren Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona virus Disease 2019 (Covid-19) di Pesantren.

Diktum KESATU: Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Tentang Panduan Pencegahan dan Pengenalian Covid-19 Di Pesantren, menyatakan Menetapkan Panduan Pemberdayaan Masyarakat Pesantren dalam Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) di Pesantren sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tida k terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.

Diktum KEDUA: Keputusan Menteri Kesehatan (Kempenkes) Nomor Hk.01.07/Menkes/2322/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengenalian Covid-19 Di Pesantren, menyatakan bahwa Panduan Pemberdayaan Masyarakat Pesantren dalam Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) di Pesantren sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU ditujukan untuk memberikan acuan bagi pimpinan/pengelola Pesantren dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan di Pesantren pada masa pandemi COVID-19.

Diktum Ketiga: Keputusan Menteri Kesehatan Nomor Hk.01.07/Menkes/2322/2020, menyatakan bahwa Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan Panduan Pemberdayaan Masyarakat Pesantren dalam Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) di Pesantren sesuai dengan tanggung jawab dan kewenangannya.

Panduan Menteri Kesehatan Untuk Pencegahan Covid-19 Di Pesantren

Pada lampiran Keputusan Menteri Kesehatan Nomor Hk.01.07/Menkes/2322/2020 Tentang Panduan Pemberdayaan Masyarakat Pesantren Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona virus Disease 2019 (Covid-19) Di Pesantren, dinyatakan bahwa Tujuan Keputusan Menteri Kesehatan ini adalah untuk meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat pesantren dalam pencegahan dan pengendalian COVID- 19 di pesantren.

Adapun Sasaran pelaksanaan pemberdayaan masyarakat pesantren dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19 di pesantren, meliputi:

1. Sasaran Primer: Masyarakat Pesantren yaitu pimpinan pesantren,ustadz/ustadzah, santri, dan pegawai pesantren lainnya.

2. Sasaran Sekunder: Petugas Puskesmas, Tim Gugus Tugas/Satuan Tugas tingkat Kecamatan/Desa, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Profesi, Asosiasi Pondok Pesantren, dan Tokoh Agama.

3. Sasaran Tersier: Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Kepala Desa/Lurah, Camat, Swasta.

Ruang lingkup pelaksanaan pemberdayaan masyarakat pesantren dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19 mengutamakan upaya preventif-promotif bagi masyarakat pesantren yang meliputi kegiatan menerbitkan kebijakan pencegahan dan pengendalian COVID-19, analisis situasi pesantren, pengorganisasian dalam pelaksanaan pencegahan dan pengendalian COVID-19 di pesantren, penggalangan kemitraan, peningkatan literasi kesehatan dalam pencegahan COVID-19 dan kegiatan kualitas kesehatan lingkungan di pesantren, pelaporan dan penilaian, serta pembinaan dan pengawasan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Selengkapnya silahkan download Keputusan Menteri Kesehatan (Kempenkes) Nomor Hk.01.07/Menkes/2322/2020 Tentang Panduan Pemberdayaan Masyarakat Pesantren Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona virus Disease 2019 (Covid-19) Di Pesantren, melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN NOMOR HK.01.07/MENKES/2322/2020

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait Keputusan Menteri Kesehatan Tentang Panduan Pencegahan dan Pengenalian Covid-19 Di Lingkungan Pesantren. Semoga ada manfaatnya.