Panduan, Alur Registrasi Dan Cara Verifikasi Akun Siswa Di LTMPT

Postingan ini ditujukan bagi Anda yang sedang mencari Panduan, Alur Registrasi dan Cara mem-Verifikasi Akun Siswa pada laman LTMPT untuk keperluan SNMPTN maupun UTBK SBMTPN. Kepada para siswa SMA/MA/SMK yang ingin melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN maupun UTBK SBMTPN, maka diwajibkan memiliki akun di LTMPT terlebih dahulu. Sebagaimana diketahui bahwa Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2021 terdiri atas tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi secara mandiri.

Untuk jalur SNMPTN, diambil berdasarkan pada nilai akademik dan prestasi yang pernah dicapai sebagai nilai penunjang lainnya yang telah ditetapkan oleh PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Sedangkan SBMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTN berdasarkan pada hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja, atau hasil UTBK dan kriteria lain yang telah ditetapkan bersama oleh setiap PTN. Sementara untuk seleksi mandiri cukup dengan menggunakan hasil dari pelaksanaan UTBK.

Pelaksanaan jalur SNMPTN tahun 2021 diawali dengan registrasi akun pada laman LTMPT terlebih dahulu melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id pada tanggal 4 Januari - 1 Februari 2021. Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah pada 4 Januari 2021 - 8 Februari 2021. Pengisian PDSS pada 11 Januari - 8 Februari 2021. Pendaftaran SNMPTN 15 - 24 Februari 2021. Dan untuk pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada tanggal 22 Maret 2021 dan pendaftaran ulang peserta yang dinayatakan lulus SNMPTN lihat di laman PTN penerima.

Cara Melakukan Pendaftaran LTMPT Untuk Seleksi PTN

Panduan, Alur Registrasi Dan Cara Verifikasi Akun Siswa Di LTMPT

Adapun tahapan untuk bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN tahun 2021 diawali dengan registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN pada tanggal 7 Februari 2021 - 12 Maret 2021. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN tanggal 15 Maret - 1 April 2021. Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama pada tanggal 12 - 18 April 2021, sedangkan untuk gelombang kedua tanggal 26 April - 2 Mei 2021. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN ini dijadwalkan pada tanggal 14 Juni 2021. Untuk seleksi mandiri, akan diselenggarakan oleh masing-masing PTN dan berdasarkan pada kebijakan masing-masing Perguruan Tinggi Negeri yang dituju.

Nah, apakah Anda sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi sesuai dengan jalur-jalur tersebut? Berikut ini Guru Abata akan membagikan informasi singkat terkait Panduan, Tata Cara, Alur Registrasi dan Cara Verifikasi Akun Siswa di laman LTMPT baik untuk jalur SNMPTN maupun UTBK SBMTPN tahun akademik 2021/2021.

1. Siswa mendaftar akun dengan menggunakan NISN, NPSN Sekolah dan Tanggal Lahir.
2. Siswa melakukan aktivasi akun menggunakan email.
3. Siswa melakukan verifikasi dan validasi akun.

Berikut adalah ringkasan tentang Cara Melakukan Registrasi Akun Siswa di laman LTMPT baik untuk SNMPTN maupun UTBK SBMTPN. Silahkan simak dan ikuti dengan baik, usahakan jangan sampai ada kesalahan pada saat melakukan pendaftaran.

1. Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id lalu klik pada link bertuliskan Daftar di sini.

2. Klik tombol Daftar pada bagian Siswa.

3. Kemudian masukkan nomor NISN, NPSN Sekolah dan Tanggal Lahir. Lalu tekan tombol Selanjutnya.

4. Masukkan alamat email yang aktif dan buat password.

5. Setelah Anda mengklik tombol Daftar, maka akan muncul notifikasi tentang aktivasi akun.

6. Buka Kotak Masuk (Inbox) / Spam pada email Anda. Kemudian lakukan aktivasi akun.

7. Setelah akun berhasil diaktivasi, maka silahkan login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Berikut adalah ringkasan tentang Cara Melakukan Verifikasi Akun Siswa di laman LTMPT, baik untuk keperluan SNMPTN maupun UTBK SBMTPN. Silahkan simak dan ikuti langkah demi langkahnya secara teliti dan perlahan, upayakan jangan sampai ada kesalahan saat melakukan pendaftaran.

1. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan pada langkah sebelumnya di atas.

2. Setelah itu Anda akan diarahkan menuju dashboard portal LTMPT. Pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa (VERVAL).

3. Pada halaman verifikasi data siswa, silahkan periksa data Anda dengan seksama. Isi kolom NIK, Agama, Alamat, Nomor Telepon, dan yang masih kosong. Apabila ada kesalahan pada data yang muncul, maka silahkan lakukan perubahan melalui sekolah Anda. Kemudian tekan tombol Perbarui Data.

4. Kemudian tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman verifikasi riwayat sekolah. Harap periksa validasi data tersebut. Jika terdapat kesalahan segera lakukan perbaikan melalui Sekolah.

5. Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman unggah foto. Unggah foto terbaru Anda sesuai dengan ketentuan yang tertera.

6. Lalu tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke laman penyesuaian foto.

7. Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke laman Konfirmasi data.

8. Lalu pastikan data Anda yang muncul sudah benar. Jika sudah yakin tidak ada kesalahan, maka ceklis pernyataan dan tekan tombol Simpan permanen.

9. Jika sudah Simpan permanen, maka data Anda tidak akan dapat diubah lagi. Silahkan download bukti permanen dengan cara mengklik tombol berwarna merah.

10. Silahkan simpan bukti permanen tersebut di tempat yang aman, mudah digunakan dan jangan sampai hilang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Panduan, Alur Registrasi dan Cara Verifikasi Akun Siswa di laman LTMPT yang digunakan untuk melakukan tes seleksi SNMPTN maupun UTBK SBMTPN tahun akademik 2021/2022. Semoga bermanfaat bagi yang sedang membuhkan informasi terkait cara melakukan pendaftaran SBMPTN tahun 2021.

Berikan Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi.
Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama