Anda Mahasiswa PGSD Dan Jadi Guru SD? Ternyata Banyak Keuntungannya, Lho! - Guru Abata

Rabu, 27 Maret 2019

Anda Mahasiswa PGSD Dan Jadi Guru SD? Ternyata Banyak Keuntungannya, Lho!


Anda Mahasiswa PGSD Dan Jadi Guru SD? Ternyata Banyak Keuntungannya, Lho!

Pernahkah terbersit dalam benak Anda untuk mengajar di Sekolah Dasar? Ya, menjadi guru SD. Tapi tunggu dulu, jangan dulu memandang sebelah mata profesi menjadi guru. Sebenarnya ada banyak nilai tambah bagi yang memiliki profesi sebagai guru SD dan mahasiswa yang kuliah di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Lowongan Pekerjaan Lebih Luas Dibanding Jurusan Pendidikan Lain


Bagi Anda yang memang sudah bercita-cita ingin menjadi guru, maka kuliah di jurusan pendidikan adalah salah satu cara untuk mewujudkan mimpi Anda tersebut.

Pertimbangannya adalah jika kuliah di jurusan pendidikan dengan program studi Matematika, maka kemungkinan kecil kamu akan menjadi guru Bahasa Indonesia – demikian pula sebaliknya. Hal ini berarti, lowongan pekerjaan Anda akan terbatas hanya pada satu bidang atau satu mata pelajaran saja yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan Anda.

Lain lagi jika Anda memilih kuliah di jurusan PGSD. Karena Anda dapat mengajar siswa kelas 1 hingga kelas 6. Nah, bukankah itu merupakan peluang kerja yang sangat besar?

Kemudian, bandingkan pula jumlah total keberadaan sekolah dasar di setiap daerah yang pasti lebih banyak dari pada tingkat sekolah menengah. Maka dari itu kebutuhan akan guru SD yang memiliki kualifikasi PGSD lebih besar dibanding guru mata pelajaran tertentu di SMP / MTs dan SMA/ MA/ SMK.

Mata Kuliah Beragam Membuat Anda Menjadi Serba Bisa


Karena nantinya akan diposisikan sebagai guru kelas dan dapat mengajar siswa kelas 1 sampai kelas 6, berarti sudah seharusnya Anda mampu menguasai seluruh materi bahan ajar.

Oleh sebab itu, selama masa kuliah di jurusan PGSD, Anda akan diajarkan semua materi mata pelajaran – seperti Matematika, Bahasa Inggris, IPS, IPA, seni tari, seni musik, dll.

Meskipun demikian, tenang saja, sebab materi yang disampaikan masih tergolong ringan – tingkat kesulitan seluruh materi pelajarannya masih setara dengan tingkat SMA.

Tujuannya adalah agar Anda lebih mengenal bahan ajar untuk siswa SD saja. Karena yang paling penting lagi adalah bagaimana cara Anda dalam menyampaikan pengajarannya nanti.

Untuk itu, biasanya di semester awal, mata kuliah yang diberikan pada mahasiswa PGSD meliputi Ilmu Alamiah Dasar, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Pada semester-semester berikutnya, Anda akan diajarkan tentang Pengembangan Kurikulum SD, Strategi Belajar Mengajar SD, Pengembangan Bahan Ajar, Profesi Keguruan, Psikologi Pendidikan, dan mata kuliah lain yang dapat menunjang pembelajaran pada tingkat Sekolah Dasar.

Multi Disiplin Ilmu Akan Menjadikan Anda Seorang Yang Profesional


Menjadi guru Sekolah Dasar belum cukup hanya mengajar di kelas saja. Tapi Anda juga dapat mengembangkan diri menjadi seorang tenaga pendidik dan pengajar yang profesional.

Oleh sebab itu, Anda juga akan dibekali dengan mata kuliah Statistik, Penelitian Tindakan Kelas, Metodologi Penelitian, Assessment Pembelajaran SD, Media dan Sumber Ajar, dan lainnya.

Sebagai calon seorang guru, Anda akan dilatih untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah diterapkan sejak pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Jadi, sebelum lulus dari perkuliahan pun, Anda sudah akrab dengan apa yang harus dilakukan di dunia pengajaran tingkat dasar.

Dibekali Dengan Berbagai Keterampilan Dan Pengetahuan Yang Banyak


Menjadi mahasiswa dengan program studi PGSD akan membuat Anda menjadi orang yang terampil dalam banyak hal. Bayangkan saja, Anda juga akan 'terpaksa' belajar memainkan alat musik angklung, piano, melukis, membaca not, menganyam, menari, membuat kerajinan, sampai mengadakan pagelaran seni dan budaya.

Kemudian Anda juga dapat terjun dalam kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) maupun Pramuka. Seolah-oleh, lulus dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini akan membuat Anda menjadi seseorang yang serba bisa.

Selain itu, bekal yang Anda peroleh dari mata kuliah Pendidikan Multikultural, Pendidikan Inklusi, Pembelajaran Seni, Psikologi Pendidikan, Pendidikan Nilai Budi Pekerti, ataupun Layanan Bimbingan Konseling dapat membentuk pribadi Anda menjadi lebih matang dan berkepribadian mandiri.

Tapi pada penerapannya, bagaimanapun juga, mendidik anak-anak yang masih belia di Sekolah Dasar memang membutuhkan sifat kesabaran yang tinggi dan penyayang. Oleh sebab itu, Anda harus pintar memposisikan diri sebagai orang tua didik mereka para peserta didik di sekolah.

Lebih Rapi Dan Pantas Dalam Berpenampilan


Kemampuan alamiah anak adalah mencontoh dan meniru. Dan salah satu orang yang banyak ditiru oleh siswa di Sekolah Dasar tidak lain adalah guru. Maka dari itu, selama kuliah di jurusan PGSD, Anda akan dilatih untuk membiasakan diri berpenampilan rapi.

Bahkan beberapa kampus ada yang mulai mewajibkan penggunaan seragam bagi mahasiswa bidang studi PGSD. Namun meskipun tidak ada ketentuan seperti itu di kampus tempat Anda menimba ilmu nanti, tetaplah untuk memperhatikan penampilan pakaian, rambut, hingga sepatu.

Sebab, jika Anda kurang memperhatikan kerapian dan kepantasan terhadap penampilan, maka bukan tidak mungkin Anda akan ditegur oleh para siswa nanti di sekolah. Ya, anak-anak yang masih berada di rentang usia 'kanvas bersih' itu biasanya memiliki banyak pertanyaan yang tidak jarang akan membuat Anda kesulitan untuk menanggapi mereka – apalagi jika terkait dengan penampilan Anda.

Alhasil, demi menghindari hal-hal semacam itu, lebih baik Anda melatih diri dengan selalu memperhatikan penampilan sejak masih duduk di bangku kuliah.

Demikianlah yang dapat Guru Abata sampaikan dalam artikel yang berkenaan dengan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau biasa disingkat PGSD ini dalam mempersiapkan diri untuk menjadi seorang guru SD yang baik beserta keuntungannya dalam memilih jurusan tersebut. Semoga bermanfaat dan Anda berhasil.
Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.
EmoticonEmoticon

SELAMAT DATANG
Selamat datang di blog Guru Abata, kami selalu berupaya untuk memberikan konten yang bermanfaat dan mendidik bagi pengunjung yang dikemas dengan informasi yang cerdas dan menarik.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar pada setiap artikel yang Anda kunjungi karena kami pun tidak keberatan untuk dikritisi.
Oke