Apa Peran Teknologi Saat Ini Terhadap Dunia Pendidikan?

Bukan tanpa alasan jika kita mengatakan bahwa sekarang kita hidup di dunia digital — dunia yang ditopang oleh kecerdasan teknologi. Kecerdasan ini terbukti pada setiap bidang apapun. Bidang pendidikan telah dianugerahi oleh kecerdasan ini juga.

Sistem pendidikan modern tidak seperti apa yang diterapkan pada 20-25 tahun lalu. Kita mungkin sepakat, bahwa teknologi telah banyak memainkan sistem pendidikan sekarang ini.

Dunia pengetahuan lebih mudah diakses dari sebelumnya. Gadget seperti tab dan laptop adalah bagian dari hampir semua skema yang digunakan oleh pembelajar hari ini. Bentuk pengetahuan fisik yaitu buku dan tempat seperti perpustakaan sekarang hampir tidak relevan dan bahkan mungkin lambat laun akan segera punah.

Apakah Perkembangan Teknologi Saat Ini Mendukung Dunia Pendidikan?

Jadi pada dasarnya metode digital pendidikan saat ini adalah metode pendidikan masa depan. Namun apakah semua ini merupakan hal yang baik? Perihal ini masih bisa diperdebatkan, karena perspektif yang saling bertentangan telah banyak disajikan dan dibahas mengenai masalah ini.

Dampak Positif Teknologi Terhadap Pendidikan


Penggunaan teknologi di dalam kelas telah sepenuhnya mengubah cara mengajar seorang guru. Dalam dekade terakhir khususnya di awal tahun 2000an, ini adalah revolusi besar ketika sekolah mulai menggunakan penerapan teknologi yang lebih kuat.

Sekarang guru dapat menggunakan internet untuk menunjukkan konsep yang sulit dipahami oleh para siswa. Komputer, internet, dan proyektor sekarang digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan dan menyederhanakan subjek yang berbeda.

Selain menyederhanakan mata pelajaran, dengan bantuan komputer, sekolah dapat menyimpan basis data siswa tentang identitas pribadi juga perkembangannya di sekolah, dan ini memungkinkan mereka untuk melacak kinerja siswa dan dengan demikian dapat mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperhatikan.

Berkat ketersediaan informasi yang terorganisir, sekolah dapat dengan mudah memberitahu orang tua tentang kemajuan (atau kekurangannya) dalam melaksanakan kegiatan sekolah. Dan bagi sekolah, mereka dapat dengan mudah mengelola data manajemen sekolah menggunakan teknologi digital sekarang ini.

Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan Dipandang Dari Sisi Lain


Ya, terdapat beberapa kelemahan meskipun kedengarannya tidak sesuai. Penggunaan teknologi secara ekstensif akan membuat jiwa keluar dari sistem pendidikan. Mari kita ambil matematika sebagai contohnya.

Ini adalah subjek yang memiliki siswa bermasalah selama bertahun-tahun. Mata pelajaran matematika digunakan untuk menjadi tantangan bagi para siswa - pekerjaan rumah yang mereka ajukan diteliti oleh guru.

Akan tetapi hari ini banyak penyalahgunaan teknologi digital oleh para siswa. Mereka banyak yang menggunakan alat penghitung dan pengubah yang tersedia dalam bentuk digital. Sehingga fenomena ini tidak sesuai harapan guru karena tidak dapat melihat bagaimana mereka memecahkan masalah dengan pikirannya sendiri.

Seorang siswa sudah selayaknya harus bisa memahami suatu masalah yang diberikan oleh guru dalam tugasnya dan menyelesaikannya dengan jawaban yang melalui hasil proses berpikir sendiri tanpa menggunakan alat instan.

Masalah besar lainnya disini adalah penggunaan perangkat lunak yang ekstensif. Pada awalnya, guru menggunakan presentasi PowerPoint, bagan yang berbeda dan bahkan program flash sederhana untuk membantu mereka dalam pembelajaran, tapi mereka juga menawarkan perspektif mereka sendiri pada subjek tertentu.

Sayangnya hari ini, banyak guru yang hanya mengandalkan presentasi dan bahkan kadang-kadang mereka hanya membaca presentasi tersebut tanpa membahasnya lebih lanjut kepada siswa. Belum lagi dalam pembuatan presentasi tersebut banyak guru yang kurang berinovasi dalam penggunaan teknologi digital.

Kesimpulan


Integrasi teknologi dengan pendidikan sekarang ini tidak diragukan lagi telah mengubah penyebaran informasi secara besar-besaran. Akan tetapi penggunaan teknologi tanpa batas dapat benar-benar merusak keefektifannya.

Cara guru dalam penggunaan teknologi dapat menempatkan kredibilitas mereka dalam menerapkan inovasi pembelajran yang lebih aktif dan interaktif. Solusinya disini adalah, membuat siswa dan guru memahami bagaimana teknologi dapat meningkatkan pengalaman belajar mereka dari pada hanya menjadi angin lalu saja.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama