Sudahkah Kita Melaksanakan Sholat Dengan Baik?

Assalaamu'alaikum sahabat. Pada artikel ini Guru Abata akan menyampaikan pembahasan tentang keutamaan sholat, makna dari bacaan sholat dan perilaku menerapkan pemahaman dan pelaksanaan sholat.

Semoga Allah selalu memberikan kita kemudahan dan kemurahan-Nya, sehingga kita dapat mengambil pelajaran dari pelaksanaan ibadah sholat tersebut. Aamiin.

Sahabat, apakah Anda tahu bahwa sholat itu dapat mencegah diri dari perbuatan keji dan munkar? Lalu apakah Anda tahu tentang hikmah yang terkandung dalam ibadah sholat tersebut?

Meraih Keutamaan Sholat Dengan Melaksanakannya Secara Baik

KEUTAMAAN SHOLAT

Sahabat, perlu kita ketahui bahwa sholat memiliki banyak keutamaan. Beberapa keutamaan tersebut di antaranya adalah:

1. Sholat merupakan rukun Islam yang kedua setelah mengucapkan dua kalimat syahadat.

2. Sholat diwajibkan kepada setiap orang beriman siapapun orangnya, karena perintah sholat tersebut disampaikan langsung oleh Allah pada banyak ayat dalam Al Quran.

3. Sholat merupakan amal ibadah yang akan dipertanyakan pertama kali pada hari akhir.

4. Sholat termasuk amalan ibadah yang sangat disukai Allah Subhaanahu Wa Ta'aalaa.

5. Sholat dapat menjadi media penghapusan dosa dan keburukan.

6. Sholat dapat menjauhkan diri dari perbuatan keji dan munkar.

7. Sholat apabila dikerjakan dengan khusyu' jaminannya adalah surga.

8. Sholat sebagai sarana untuk memperoleh pertolongan Allah Subhaanahu Wa Ta'aalaa, sebagaimana termaktub dalam Al Quran Surah Al Baqoroh ayat 153:

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar".

MAKNA BACAAN SHOLAT

Sholat adalah ibadah prioritas bagi setiap orang muslim. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan disyariatkannya sholat lima waktu dalam kehidupan sehari-hari.

Namun sudahkan kita mengerti setiap doa yang dibaca ketika sholat? Karena sebenarnya dengan mengerti bacaan sholat akan membantu kita untuk khusyu' dalam melaksanakannya.

Dengan begitu sholat akan lebih berkualitas oleh sebab hati dan pikiran kita fokus pada ibadah, sehingga sholat tersebut akan berpengaruh pada perilaku dalam kehidupan kita.

PERILAKU YANG MENERAPKAN PEMAHAMAN NILAI DALAM SHOLAT

a. Melatih kekompakan dalam berjamaah

Ketika sholat berjamaah, secara tidak langsung akan melatih kaum muslimin untuk menjaga kekompakan. Hal tersebut ditunjukkan ketika hendak sholat, biasanya seorang imam memperhatikan barisan makmumnya agar meluruskan dan merapatkan shof sholat. Setelah semuanya lurus dan rapat, maka imam sholat dapat memulai pelaksanaan sholat.

b. Mematuhi komando imam sholat sebagai ketua kelompok

Dalam sholat berjamaah, gerakan imam selalu diikuti oleh makmum. Makmum tidak akan melakukan gerakan sebelum imam melakukannya terlebih dahulu, meskipun makmum tersebut mengetahui gerakan sholat yang selanjutnya. Disini bukti bahwa setiap muslim harus berpegang teguh pada pemimpinnya.

c. Menerima nasehat orang lain

Ketika imam sholat melakukan gerakan atau bacaan yang salah, maka makmum yang mengetahuinya harus mengingatkan dengan bacaan subhaanallaah (laki-laki). Lalu setelah mengetahui ada makmum yang mengucapkan bacaan tersebut, imam sholat akan mengintrospeksi diri tentang gerakan atau bacaan apa yang salah kemudian memperbaiki sholatnya diikuti makmum.

Begitulah ibadah sholat mengajarkan kita untuk saling menasehati dan menerima nasehat dari orang lain.

d. Konsisten dan disiplin serta menepati janji

Orang yang terbiasa melaksanakan sholat tepat waktu akan menjadi orang yang penuh disiplin. Karena orang tersebut dapat mengatur waktu dengan baik. Tatkala panggilan sholat telah dikumandangkan, maka dengan segera ia menghentikan segala aktivitas yang dilakukannya lalu pergi untuk melaksanakan sholat. Seolah-olah ia telah memiliki janji akan bertemu dengan Allah pada waktu-waktu sholat. Sehingga orang yang melaksanakan sholat tepat waktu akan selalu menepati janjinya ketika ia berjanji.

e. Memupuk rasa kebersamaan

Sholat diwajibkan bagi kaum muslimin tanpa menbedakan antara tua dan muda, kaya dan miskin, pintar dan bodoh, pejabat dan rakyat jelata, sehat ataupun sakit. Bahkan tidak ada pembedaan dalam barisan. Siapa pun orangnya yang datang duluan maka ia menempati shof sholat yang paling depan hingga seterusnya. Dalam kebiasaan tersebut terjalin rasa kebersamaan antar sesama muslim.

Subhaanallaah, sejatinya masih banyak hikmah yang dapat kita ambil dari penerapan nilai-nilai sholat namun tidak dapat tersampaikan disini. Namun dengan pemaparan hikmah sholat di atas sudah mewakili bagaimana sholat dapat mengajari kita tentang kehidupan. Dengan catatan, sholat kita selalu dilaksanakan secara berjamaah.

Baiklah pada artikel tentang keutamaan sholat ini saya cukupkan. Semoga kita dapat mengambil ibrah dari pembahasan makna dari bacaan sholat dan perilaku menerapkan pemahaman dan pelaksanaan sholat di atas. Bagi sahabat yang ingin menambahkan tentang keutamaan sholat ini, silahkan menyampaikannya pada kolom komentar.

Kirim Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.

Lebih baru Lebih lama