Inilah 3 Cara Mudah Restart Laptop Chromebook

Chrome OS dikenal sebagai OS yang ringan, namun hadir dengan banyak fitur sekelas desktop. Sama seperti sistem operasi desktop lainnya, Anda dapat mengeklik kanan Chromebook dan bahkan merekam layar di Chrome OS. Jadi, jika Anda termasuk pengguna yang baru memakai Chromebook dan mencari cara untuk melakukan restart / reboot Chromebook, panduan yang akan Guru Abata bagikan ini dapat membantu Anda melakukannya.

Ada tiga cara sederhana untuk melakukan restart Chromebook, dalam hal ini kami akan menjelaskan semuanya, termasuk juga metode yang agak tersembunyi. Oleh sebab itu, mari kita bahas dan pelajari bersama tentang cara restart / memulai ulang Chromebook.

3 Cara Restart Chromebook

cara restart laptop chromebook

Restart Chromebook Dari Quick Settings

Chrome OS tidak dilengkapi dengan tombol Restart khusus, jadi Anda harus mematikan Chromebook dan menyalakannya secara manual untuk melakukan boot ulang perangkat. Anda dapat dengan mudah melakukannya melalui panel Quick Settings / Pengaturan Cepat. Begini cara melakukannya:

1. Buka panel Quick Settings dari sudut kanan bawah tempat waktu dan informasi lainnya ditampilkan. Di sini, klik tombol Shut down (power), maka perangkat Anda akan segera mati.

cara restart laptop chromebook

2. Setelah itu, seperti halnya pada smartphone Android, menu pop-up akan muncul pada layar. Di sini, jika Anda memilih opsi "Shut down", maka Chromebook akan mati.

cara restart laptop chromebook

Restart Chromebook Menggunakan Tombol Power

1. Anda juga dapat melakukan reboot Chromebook menggunakan tombol power yang ada pada keyboard. Yaitu dengan cukup menekan dan menahan tombol tersebut selama beberapa detik.

cara restart laptop chromebook

2. Setelah itu, seperti halnya pada smartphone Android, menu pop-up akan muncul pada layar. Di sini, jika memilih opsi "Shut down", maka Chromebook Anda akan mati.

cara restart laptop chromebook

3. Sekarang, tekan kembali tombol power untuk memulai ulang Chromebook Anda.

cara restart laptop chromebook

Restart Chromebook Menggunakan URL Chrome

Terakhir, ada beberapa URL tersembunyi Chrome yang tidak banyak diketahui oleh pengguna. Salah satunya memungkinkan Anda me-reboot Chromebook dengan melakukan eksekusi URL sederhana.

Perhatikan bahwa metode ini termasuk soft reboot dan bukan restart penuh. Dengan tidak adanya fitur restart khusus di sini, Anda dapat menggunakan metode ini pada Chrome OS.

1. Buka Chrome lalu ketik URL di bawah ini pada kolom alamat lalu tekan Enter. Pastikan Anda telah menyimpan semua tugas atau pekerjaan Anda karena dengan menerapkan ini maka perangkat akan langsung me-restart Chromebook Anda.

chrome://restart

cara restart laptop chromebook

2. Nah sekarang, Chromebook Anda akan melakukan reboot secara otomatis.

cara restart laptop chromebook

Restart Chromebook dengan Cara yang Benar

Jadi beginilah cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan restart Chromebook. Akan lebih baik lagi jika Google menambahkan opsi restart khusus untuk menghindari kerumitan saat mematikan laptop secara manual dan menyalakannya kembali. Namun demikian, Anda dapat menggunakan URL Chrome untuk soft reboot.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang 3 cara restart / reboot / memulai ulang perangkat laptop Chrome OS, yakni Chromebook. Bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam menerapkan panduan yang kami jelaskan di atas, jangan ragu untuk menyampaikannya melalui kolom komentar yang kami sediakan di bawah.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama