Cara Tepat Iklan Lewat SMS Untuk Bisnis

Setiap bisnis yang berjalan pasti memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat meningkatkan penjualan. Dalam dunia pemasaran, banyak sekali cara untuk mempromosikan dan mempublikasikan suatu produk, brand, atau layanan – baik melalui media digital maupun non digital. Namun, di era teknologi canggih seperti sekarang ini, perlahan strategi pemasaran yang menggunakan media digital lebih banyak diminati.

Strategi pemasaran digital bisa berupa tayangan iklan tv, iklan melalui media sosial, dan promosi di situs web. Akan tetapi, ada satu strategi lain yang kini masih banyak dimanfaatkan pelaku usaha karena terbukti menjadi solusi pemasaran dengan tingkat konversi yang cukup tinggi. Strategi tersebut adalah SMS Marketing.

Benarkah SMS Marketing Masih Efektif?

cara iklan bisnis lewat sms murah

Di tengah perkembangan internet dan media sosial sekarang ini, media SMS masih tetap dianggap menjadi salah satu cara efektif sebagai strategi pemasaran. Mengapa demikian? Karena biasanya, teknik pesan singkat SMS ini ditujukan bagi para pelanggan atau masyarakat yang tertarget dan bersifat lebih personal.

Layanan SMS sebagai strategi pemasaran masih mempunyai banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh platform media sosial – misalnya menargetkan iklan berdasarkan pada lokasi spesifik secara real-time, proses produksi iklan yang bisa diproses dengan cepat, dapat dilihat oleh semua pelanggan dari berbagai kalangan dan seluruh jenis ponsel, serta faktor yang sangat penting: paling hemat dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya.

Sebagaimana strategi pemasaran bisnis lainnya, kunci sukses dalam mengoptimalkan SMS marketing adalah dengan menentukan langkah yang tepat untuk mencapai objektifnya. Dengan langkah dan cara tepat iklan lewat SMS, maka hasil dari SMS marketing pun bisa dioptimalkan dengan cara yang mudah dan sederhana.

Cara Tepat Optimalkan SMS Marketing

1. Buat konsep dan kenali target penerima SMS

Langkah tepat untuk memaksimalkan SMS marketing yang pertama adalah membuat konsep untuk isi SMS terlebih dahulu, yaitu menentukan tema dan penggunaan kata. Karena ini adalah SMS, maka teks yang dipakai juga harus sesingkat mungkin.

Dalam menentukan pemilihan kata dan kalimat, Anda harus memperhatikan profil target penerima SMS – seperti misalnya usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, dan domisili agar SMS yang disebarkan dapat menghasilkan konversi yang tinggi.

2. Menetapkan target

Ketika hendak memanfaatkan layanan SMS untuk strategi marketing bisnis, Anda perlu menetapkan target tujuan yang ingin diraih melalui SMS tersebut. Apakah untuk meningkatkan penjualan? Atau hanya sekedar untuk mengajak pelanggan lebih dekat dengan produk atau layanan Anda?

Nantinya, langkah ini dapat membantu Anda untuk mengukur efektivitas hasil dari layanan SMS yang Anda gunakan.

3. Menentukan waktu pengiriman

Langkah tepat untuk mengoptimalkan SMS marketing berikutnya adalah menentukan waktu yang tepat untuk pengiriman. Waktu pengiriman SMS termasuk salah satu faktor yang sangat menentukan tercapai atau tidaknya tujuan penyebaran promosi SMS tersebut. Sebab perlu diketahui bahwa waktu pengiriman SMS juga dapat disesuaikan dengan pergerakan audiens di suatu lokasi tertentu.

4. Cantumkan call to action

Jangan lupa untuk mencantumkan call to action (CTA) dalam isi SMS tersebut. CTA adalah salah satu komponen paling penting dalam strategi pemasaran. Namun demikian, hindari tindakan untuk mencantumkan CTA berupa tautan link yang mengarah ke situs website, karena SMS Anda bisa saja dicurigai sebagai spamming atau serangan phising.

Akan lebih baik lagi jika CTA yang dicantumkan berupa ajakan untuk follow media sosial, atau contact person yang bisa menghubungi Anda secara langsung.

5. Selalu lakukan analisa di akhir periode

Langkah tepat untuk memaksimalkan SMS marketing selanjutnya adalah melakukan analisa dari hasil SMS marketing yang sudah berjalan selama periode yang ditetapkan sebelumnya. Lakukan evaluasi dari hasil yang telah Anda terima. Pada proses ini, maka akan terlihat efektivitas dari strategi pemasaran melalui SMS marketing yang Anda gunakan.

Dalam menerapkan langkah-langkah tepat untuk mengoptimalkan SMS Marketing ini biasanya penyedia layanan akan menawarkan produk atau jasa SMS Bulk, SMS Location Based Advertising (LBA), SMS Contextual Advertising, SMS Targeted, dan SMS Interactive Services.

Dengan menerapkan beberapa langkah tepat untuk memaksimalkan SMS Marketing yang telah kami bagikan ini dipercaya dapat membantu perusahaan Anda dalam menerapkan strategi pemasaran yang lebih menguntungkan bagi bisnis.

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.
©2017- Guru Abata. All rights reserved.