Download Naskah Teks Sumpah Guru Indonesia Dan Ikrar Guru PGRI

Hai sahabat Guru Abata, berikut ini kami akan membagikan naskah teks Sumpah Guru Indonesia dan Ikrar Guru Persatuan Guru Republik Indonsia (PGRI). Bagi Bapak / Ibu Guru yang sedang mencari referensi terkait naskah sumpah guru Indonesia, maka Anda berada di laman yang tepat.

Setiap guru yang mengucapkan sumpah guru Indonesia dan ikrar guru dapat menjadi sebuah wujud pemahaman, penerimaan, penghormatan, dan kesediaan untuk mematuhi nilai-nilai moral yang tersemat di dalam Kode Etik Guru Indonesia yang menjadi pedoman dalam bersikap dan berperilaku, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Kode Etik Guru Indonesia adalah norma dan asas yang disepakati dan diterima oleh guru-guru Indonesia sebagai pedoman sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas profesi sebagai pendidik, anggota masyarakat, dan warga negara.

naskah sumpah guru indonesia ikrar guru pgri

Pedoman sikap dan perilaku sebagaimana yang dimaksud adalah merupakan nilai-nilai moral yang membedakan perilaku guru yang baik dan buruk, yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menunaikan tugas-tugas profesionalnya dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, serta dalam pergaulan sehari-hari di dalam dan di luar sekolah.

Sumpah janji guru Indonesia diucapkan di hadapan pengurus organisasi profesi guru dan pejabat yang berwenang di wilayah kerja masing-masing. Setiap pengambilan sumpah / janji guru biasanya dihadiri oleh penyelenggara satuan pendidikan.

Berikut adalah bunyi dari Sumpah Guru Indonesia dan Ikrar Guru PGRI.

SUMPAH GURU INDONESIA

Demi Allah

Sebagai guru Indonesia saya bersumpah / berjanji:

1. Bahwa saya akan membaktikan diri saya untuk tugas mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran peserta didik guna kepentingan kemanusiaan dan masa depannya;

2. Bahwa saya akan melestarikan dan menjunjung tinggi martabat guru sebagai profesi terhormat dan mulia;

3. Bahwa saya akan melaksanakan tugas saya sesuai dengan kompetensi jabatan guru;

4. Bahwa saya akan melaksanakan tugas saya serta bertanggung jawab yang tinggi dengan mengutamakan kepentingan peserta didik, masyarakat, bangsa dan negara serta kemanusiaan;

5. Bahwa saya akan menggunakan keharusan profesional saya semata-mata berdasarkan nilai-nilai agama dan Pancasila;

6. Bahwa saya akan menghormati hak asasi peserta didik untuk tumbuh dan berkembang guna mencapai kedewasaannya sebagai warga negara dan bangsa Indonesia yang bermoral dan berakhlak mulia;

7. Bahwa saya akan berusaha secara sungguh-sungguh untuk meningkatkan keharusan profesional;

8. Bahwa saya akan berusaha secara sungguh-sungguh untuk melaksanakan tugas guru tanpa dipengaruhi pertimbangan unsur-unsur di luar pendidikan;

9. Bahwa saya akan memberikan penghormatan dan pernyataan terima kasih kepada guru yang telah mengantarkan saya menjadi guru Indonesia;

10. Bahwa saya akan menjalin kerja sama secara sungguh-sungguh dengan rekan sejawat untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan profesionalitas guru Indonesia;

11. Bahwa saya akan berusaha untuk menjadi teladan dalam perilaku bagi peserta didik dan masyarakat;

12. Bahwa saya akan menghormati; menaati dan mengamalkan kode etik guru Indonesia.

Saya ikrarkan sumpah / janji *) ini secara sungguh-sungguh dengan mempertaruhkan kehormatan saya sebagai guru profesional.

IKRAR GURU PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA

1. Kami Guru PGRI, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Kami Guru PGRI, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada Undang-Undang Dasar 1945.

3. Kami Guru PGRI, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

4. Kami Guru PGRI, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.

5. Kami Guru PGRI, menjunjung tinggi Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap bangsa, negara, serta kemanusiaan.

Naskah Teks Sumpah Guru Indonesia dan Ikrar Guru PGRI dalam bentuk file microsoft Word bisa Anda dapatkan dengan mengunduhnya melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini.

DOWNLOAD NASKAH TEKS SUMPAH GURU INDONESIA.docx
DOWNLOAD NASKAH TEKS IKRAR GURU PGRI.docx

Demikian yang bisa kami bagikan mengenai referensi untuk konten yang tertuang dalam naskah Teks Sumpah Guru Indonesia dan Ikrar Guru PGRI. Semoga bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkan. Terimakasih.
"Perbaikilah hubunganmu dengan Allah, maka Dia akan mencukupimu hingga kamu tidak takut dan tidak butuh kepada selain-Nya." -SAU-

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.
©2017- Guru Abata. All rights reserved.