Cara Cek Formasi Kosong Persiapan Seleksi PPPK Guru Tahap 2

Hasil Seleksi Kompetensi 1 PPPK Guru Tahun 2021 telah diumumkan. Sejumlah 322.665 formasi telah dilamar oleh guru honorer dalam seleksi tahap pertama ini. Berdasarkan jumlah tersebut, sebanyak 173.329 orang (64%) telah dinyatakan lolos seleksi dan akan diangkat menjadi guru PPPK.

Untuk peserta yang belum lolos seleksi PPPK Guru 2021 tahap I masih diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi tahap 2 dan tahap 3. Dengan demikian, peserta diberi kesempatan sebanyak tiga kali untuk mengikuti seleksi PPPK Guru tahun 2021 ini.

Dalam laman pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Pengadaaan PPPK Guru 2021 dari Panselnas, selain dapat melihat nama peserta yang lulus, kita juga dapat melihat formasi yang kosong (tidak ada pelamar).

cara cek formasi kosong pppk guru tahap 2

Pada tabel hasil seleksi yang di unduh akan memuat nilai kompetensi peserta dan beberapa kode keterangan berupa kombinasi huruf dan angka sebagai berikut.

L : Peserta Lulus

TL : Peserta Tidak Lulus

TH : Peserta Tidak Hadir

P1 : Peserta Memenuhi Nilai Ambang Batas Kategori 1

P2 : Peserta Memenuhi Nilai Ambang Batas Kategori 2

P3 : Peserta Memenuhi Nilai Ambang Batas Kategori 3

X : Peserta PPPK Guru Tahap 1 yang melamar di sekolah tempat peserta mengajar yang memiliki sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan sesuai jabatan yang dilamar.

Y : Peserta yang melamar di sekolah bukan tempatnya mengajar yang memiliki sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan sesuai jabatan yang dilamar.

Misalnya Peserta A memilki keterangan X-P1/L, artinya peserta A tersebut melamar di sekolah tempat peserta A mengajar yang memiliki sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang dilamar (X), memenuhi nilai ambang batas kategori 1 (P1), dan dinyatakan Lulus (L).

Formasi Kosong

Seperti diketahui bahwa Seleksi PPPK Guru Tahap 1 khusus untuk guru honorer yang mengajar di sekolah induk.

Untuk pelamar PPPK Guru yang melamar di sekoah non induk dan dinyatakan Tidak Lulus (TL) meskipun sudah memiliki hasil seleksi lebih tinggi harus bersabar. Peserta dengan kategori ini dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi PPPK Guru Tahap 2.

Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 5663/B/GT.01.00/2021, Pengumuman dan Pemilihan Formasi Tahap 2 akan dilaksanakaan pada tanggal 24-30 Oktober 2021.

Bagi pelamar yang akan mengikuti Seleksi PPPK Guru Tahap 2, dapat terlebih dahulu mengecek formasi kosong atau formasi yang tidak ada pelamarnya.

Berikut adalah cara cek formasi kosong persiapan Seleksi PPPK Guru Tahap 2.

1. Pelamar masuk ke laman PPPK Guru Kemendikbudristek https://gurupppk.kemdikbud.go.id/seleksi_p3k_tahap_1/index.php/home/hasil.

2. Pilih Provinsi untuk mengunduh data hasil Seleksi Tahap 1.

3. Unduh Hasil Seleksi Tahap 1 (format PDF)

4. Pilih Kabupaten / Kota, cari sekolah dengan formasi kosong.

Di bawah ini adalah contoh hasil dari unduhan dengan formasi kosong.

cara cek formasi kosong pppk guru tahap 2

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai cara cek formasi kosong untuk persiapan seleksi PPPK Guru Tahap 2. Semoga bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru yang sedang mencari referensi tentang seleksi PPPK Guru tahap 2. Terimakasih

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama