Soal Try Out Seri Belajar Mandiri Seleksi PPPK Guru PGSD Tahun 2021

Hai sahabat pendidikan, kali ini kami akan membagikan contoh soal try out Seri Belajar Mandiri Seleksi PPPK Guru PGSD Tahun 2021. Semoga bisa menjadi referensi alternatif Bapak / Ibu calon ASN PPPK tahun 2021.

Soal try out Seri Belajar Mandiri ini berisi latihan soal untuk persiapan menghadapi seleksi PPPK guru PGSD tahun 2021. Soal ini telah dilengkapi juga dengan kunci jawaban agar bisa mempermudah guru dalam mempelajari dan menganalisa setiap butir soal.

Secara garis besar, dalam seleksi PPPK Guru tahun 2021, hanya terdiri atas dua tahap seleksi, yaitu Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi.

soal latihan try out pppk guru pgsd

Tidak ada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dalam tahapan seleksi PPPK Guru, akan tetapi dirangkum menjadi satu kesatuan dengan istilah Seleksi Kompetensi.

Baca : Jadwal Terbaru Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahun 2021

Seleksi Kompetensi PPPK Guru terdiri dari Seleksi Kompetensi Teknis, Manajerial, Sosial Kultural, dan juga Wawancara.

Untuk dapat lulus dalam Seleksi Kompetensi, maka pelamar PPPK Guru harus memenuhi nilai minimal dalam bentuk nilai ambang batas (passing grade).

Oleh sebab itu, nilai ambang batas (passing grade) berfungsi sebagai alat ukur yang menentukan kelulusan calon PPPK Guru pada tahap Seleksi Kompetensi.

Passing grade Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2021 akan berbeda-beda pada setiap jabatan. Perbedaan tersebut karena mata pelajaran yang diajarkan berbeda dan jenjang pendidikan yang beragam dari TK, SD, SMP, sampai dengan SMA/SMK.

soal latihan try out pppk guru pgsd

Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Teknis setiap jabatan pada seleksi PPPK Guru Tahun 2021 selengkapnya dapat dilihat pada KepmenPANRB Nomor 1127 Tahun 2021.

Materi Seleksi Kompetensi

Seleksi Kompetensi PPPK Guru akan dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)-UNBK yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dan bukan CAT BKN.

Materi Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahun 2021 terdiri dari materi Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan Wawancara.

Keseluruhan durasi waktu yang disediakan dalam Seleksi Kompetensi PPPK Guru tersebut adalah 170 (seratus tujuh puluh) menit.

Materi Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan berkaitan dengan bidang teknis jabatan. Seleksi Kompensi Teknis dilaksanakan dalam waktu 120 menit.

Materi Kompetensi Manajerial bertujuan menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi terkait integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perusahaan, dan pengambilan keputusan.

Materi Kompetensi Sosial Kultural dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku terkait dengan kepekaan terhadap perbedaan budaya, kemampuan berhubungan sosial, kepekaan terhadap konflik, dan empati.

Durasi waktu yang tersedia untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Seleksi Kompetensi Sosial Kultural adalah 40 menit. Sedangkan wawancara ditujukan untuk menilai integritas dan moralitas dengan durasi waktu 10 menit.

Durasi waktu Seleksi Kompetensi PPPK Guru ini dikecualikan bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra.

Bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra akan diberikan tambahan waktu menjadi 220 menit, yaitu 150 menit untuk Seleksi Kompetensi Teknis, 55 menit untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, serta 15 menit untuk Wawancara.

Jumlah Soal Seleksi Kompetensi

Jumlah keseluruhan soal dalam Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahun 2021 adalah 155 (seratus lima puluh lima) butir soal.

Rincian jumlah soal tersebut adalah Seleksi Kompetensi Teknis sejumlah 100 (seratus) butir soal, Seleksi Kompetensi Manajerial sejumlah 25 (dua puluh lima) butir soal, Seleksi Kompetensi Sosial Kultural sejumlah 20 (dua puliuh) butir soal, dan wawancara sejumlah 10 (sepuluh) butir soal.

Terkait pembobotan nilai pada materi soal Seleksi Kompetensi Teknis, yaitu bobot jawaban benar bernilai 5 dan salah/tidak menjawab bernilai 0.

Pembobotan nilai untuk materi soal Seleksi Kompetensi Manajerial, bobot penilaian ada empat tingkatan. Untuk jawaban paling sesuai bernilai 4, paling rendah 1, serta tidak menjawab bernilai 0.

Sementara bobot nilai untuk materi soal Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, bobot penilaian ada lima tingkatan. Untuk jawaban paling sesuai bernilai 5 dan paling rendah 1, serta tidak menjawab bernilai 0.

Sedangkan pembobotan nilai pada soal Wawancara, untuk jawaban paling sesuai 4, paling rendah 1, dan tidak menjawab bernilai 0.

Soal Try Out Seri Belajar Mandiri Seleksi PPPK Guru PGSD

Soal Try Out Seri Belajar Mandiri ini dibagikan untuk membantu belajar calon PPPK guru PGSD dalam menghadapi Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahun 2021.

Soal berjumlah 50 (lima puluh) butir dengan lima alternatif jawaban dan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban untuk memudahkan mempelajari tiap soal.

Soal Try Out Seri Belajar Mandiri Seleksi PPPK Guru PGSD Tahun 2021 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan di bawah ini.



Demikian yang bisa kami bagikan terkait soal try out Seri Belajar Mandiri Seleksi PPPK untuk Guru PGSD tahun 2021. Semoga bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru semua.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama