Download Petujuk Teknis Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021.
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021.

Juknis tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 069 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelakasanaan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021.

petunjuk teknis perkemahan winakarya 2021

Penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 telah ditetapkan pada tanggal 8-15 November 2021 dan bertempat di Jambi.

Latar Belakang

Gerakan Pramuka adalah Gerakan Pendidikan yang bertujuan untuk mendidik pemuda Indonesia menjadi tenaga penggerak kader pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan Prinsip Dasar Metode Kepramukaan.

Dalam rangka usaha mencapai tujuan Gerakan Pramuka, maka diselenggarakan pendidikan kepramukaan yang berbentuk kegiatan-kegiatan yang menarik sehat dan berguna bagi hidup, kehidupan dan penghidupan anak, remaja dan pemuda pada saat ini dan masa depan mereka.

Kegiatan karya bakti Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega kepada masyarakat, baik dilakukan secara perorangan maupun kelompok, adalah kegiatan pendidikan kepramukaan dalam rangka usaha membina dan mengembangkan rasa tanggung jawab Penegak dan Pandega terhadap masyarakat serta sebagai realisasi Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Bahwa dalam rangka usaha mendorong dan meningkatkan kegiatan karya bakti Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega kepada masyarakat sebagai partisipasi Pramuka dalam pembangunan perlu ditetapkan suatu wadah kegiatan dalam bentuk Perkemahan Wirakarya.

Kondisi Bangsa Indonesia yang sedang membangun tentu akan memerlukan perhatian semua pihak. Gerakan Pramuka membaca, ditengah kondisi seperti saat ini, sudah selayaknya kita memberikan kontribusi dalam porsi tersendiri demi membangun masyarakat.

Gerakan Pramuka sebagai learning organization harus berdiri di depan agar menjadi inspirasi dan energi untuk negeri bagi seluruh elemen bangsa agar lebih sensitif dalam menyikapi persoalan masyarakat.

Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 adalah salah satu jawaban terhadap persoalan bangsa. PWN adalah sebuah kegiatan bakti pramuka yang berbentuk perkemahan dengan sasaran pembangunan masyarakat di tempat pelaksanaan kegiatan tersebut.

Beberapa kali pelaksanaan PWN sebelumnya mendapat sambutan yang baik dari masyarakat, meski jauh dari kesempurnaan, namun setidaknya Gerakan Pramuka telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan cita- cita Tri Satya dan Dasa Darma untuk ikut membangun masyarakat.

Kwartir Nasional akan menyelenggarakan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi dalam upaya meningkatkan potensi sumber daya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta meningkatkan rasa gotong royong sebagai pengaplikasian dari Tri Bina, yaitu Bina Masyarakat.

Maksud dan Tujuan

Maksud kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 adalah Pertemuan Pramuka berbentuk Perkemahan yang diselenggarakan untuk para Penegak dan Pandega dari berbagai Satuan Pramuka, dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat seperti tersirat dalam janji Tri Satya untuk Penegak dan Pandega.

Tujuan kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 adalah untuk membina dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega melalui kegiatan- kegiatan nyata yang hasilnya berguna bagi masyarakat.

Adapun tujuan khusus kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021, yaitu agar anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega setelah mengikuti kegiatan, diharapkan dapat:

1. memiliki pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan yang sangat berguna untuk mengabdi kepada masyarakat, negara dan bangsa;

2. memiliki mental dan fisik yang lebih mantap untuk bekal bergaul dan mengintegrasikan diri dengan masyarakat;

3. meningkat pengetahuan dan pemahamannya tentang isu-isu generasi milenial serta isu-isu global maupun lokal tentang pengembangan Masyarakat;

4. meningkatnya pemahaman tentang peran Gerakan Pramuka dalam menjawab tantangan-tantangan global dan Pandemi Covid-19;

5. bertambah pengalaman dalam menyelenggarakan proyek-proyek sumbangsih yang positif dan produktif, sesuai dengan aspirasi para pemuda, dan sesuai pula dengan kepentingan pembangunan masyarakat;

6. meningkatkan kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan, yang mampu menggerakan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Ruang Lingkup

Sistematika Petunjuk Pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 meliputi sebagai berikut.

  • BAB I: Pendahuluan
  • BAB II: Penyelenggaraan
  • BAB III: Organisasi
  • BAB IV: Kontingen dan Peserta
  • BAB V: Administrasi
  • BAB VI: Sistem Pelayanan Administrasi
  • BAB VII: Kegiatan
  • BAB VIII: Pemerintahan
  • BAB IX: Sarana Prasarana
  • BAB X: Waslitev dan Managemen Risiko
  • BAB XI: Penutup

Nama Kegiatan

Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021, selanjutnya disingkat PWN Tahun 2021.

Waktu Pelaksanan

Kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 15 November 2021.

Tempat Pelaksanaan

Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti – Musa Sungai Gelam Jambi dan Kabupaten Batang Hari.

Tema

“Berbakti Tanpa Henti, Berinovasi dan Berkarya Nyata untuk Indonesia”

Motto

“Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan“

Slogan

BISA (Berbakti, Berinovasi, Berkarya Nyata Untuk Indonesia)

Logo Kegiatan

petunjuk teknis perkemahan winakarya 2021

Maskot Kegiatan

petunjuk teknis perkemahan winakarya 2021

Tahapan-Tahapan Penyelenggaraan

1. Tahapan Persiapan

a. Pembentukan Kelompok Kerja
b. Survey Awal Pemetaan Sumber Daya di daerah Pelaksanaan
c. Rapat Konsultasi dengan Kwartir Nasional dan KwartirDaerah
d. Pembuatan Logo dan Maskot
e. Pembuatan dan Pengesahan Petunjuk Pelaksanaan
f. Launching Logo dan Maskot
g. Pembuatan Jinggle
h. Pembentukan Sangga Kerja
i. Launching Jinggle
j. Audiensi dengan Pihak Terkait
k. Pencarian Sponsor Kegiatan
l. Persiapan Sarana Pendukung Kegiatan
m. Promosi Kegiatan
n. Pembuatan dan Pengesahan Petunjuk Teknis
o. Orientasi dan Pembekalan Sangga Kerja
p. Rapat-rapat Koordinasi

2. Tahapan Pelaksanaan

a. Pendaftaran Peserta
b. Pelantikan Aparat Perkemahan
c. Persiapan Perkemahan dan pendadaran Aparat Pemerintahan Perkemahan
d. Pembukaan Kegiatan
e. Pelaksanaan PWN Tahun 2021
f. Pengawasan dan Penelitian
g. Penutupan Kegiatan

3. Tahapan Evaluasi

a. Evaluasi Penyelenggaraan
b. Penyusunan Laporan Kegiatan
c. Pembubaran Panitia dan Sangga Kerja

Kegiatan

Tahapan kegiatan PWN Tahun 2021 meliputi perencanaan, isi, metode, proses dan evaluasi. Kegiatan disusun dengan pendekatan isu–isu strategis dan disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan wilayah.

Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega melalui kegiatan–kegiatan nyata yang hasilnya berguna bagi masyarakat.

Penyelenggaraan kegiatan dalam PWN Tahun 2021 berorientasi pada kegiatan bakti masyarakat, ketahanan pangan, mendukung program pemulihan ekonomi nasional, peningkatan wawasan, keterampilan, dan menciptakan rasa persaudaraan.

Kegiatan ini sejalan dengan agenda pembangunan nasional yaitu:

1. Ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan,
2. SDM berkualitas dan berdaya saing,
3. Revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, dan
4. Lingkungan hidup, Ketahanan bencana, dan perubahan iklim.

Metode Kegiatan

1. Metode Proyek adalah sebuah model atau pendekatan pembelajaran yang inovatif. Fokus pembelajaran terletak pada konsep–konsep yang berorientasi pada pemecahan masalah, pengembangan produk, unjuk kerja serta belajar kolaboratif.

2. Metode Bakti Sosial adalah kegiatan bakti kepada masyarakat terutama yang menyangkut aspek fisik yang merupakan karya nyata di wilayah kegiatan.

3. Metode Ceramah dan diskusi merupakan salah satu penyajian dan penyampaian materi terkait dengan kegiatan wawasan.

4. Metode Simulasi dan penugasan merupakan salah satu penyajian untuk memperoleh pemahaman suatu keterampilan tertentu melalui proses kegiatan atau latihan.

SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 069 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelakanaan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 selengkapnya dapat diunduh pada tautan berikut ini.


Download Juknis Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021

Demikian yang bisa kami bagikan mengenai informasi Petunjuk Teknis Juknis Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021. Semoga dapat bermanfaat bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan referensinya.