Kisi-Kisi, Soal, Dan Kunci Jawaban PTS SD/MI K13 Tahun 2021

Paket Soal PTS 1 SD MI K13 ini disusun berdasarkan silabus tematik SD /MI Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.
Assalaamu'alaikum, hai sahabat pendidika. Bnerikut ini kami akan membagikan kisi-kisi, soal latihan, dan kunci Jawaban PTS semester 1 untuk SD MI Kurikulum 2013 (K13) Tahun 2021.

Kisi-kisi, Soal, dan Kunci Jawaban PTS semester 1 SD/MI K13 ini dapat digunakan sebagai media untuk membantu belajar peserta didik jenjang SD/MI dalam persiapan menghadapi pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

kisi kisi soal latihan kunci jawaban pts sd mi

Paket Soal PTS semester 1 SD MI K13 yang Guruabata.web.id bagikan ini disusun berdasarkan silabus tematik SD/MI Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

Penilaian Tengah Semester (PTS) merupakan bentuk evaluasi belajar yang wajib dikerjakan oleh peserta didik, dimana materi soal diambil dari setengah materi dalam satu semester.

PTS akan menjadi komponen penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian hasil belalar oleh pendidik merupakan bentuk penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Setiap satuan pendidikan, selain wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Tengah Semester (PTS).

Tujuan Penilaian Tengah Semester

Secara umum, tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama setengah semester dan hasilnya dijadikan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.

Sedangkan secara khusus, tujuan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester adalah sebagai berikut.

1. Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.

2. Untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama setengah semester.

3. Untuk mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.

4. Untuk memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.

5. Untuk mendeteksi kebutuhan remidial dan pengayaan peserta didik.

Fungsi Penilaian Tengah Semester

Berikut adalah beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester.

1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
2. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
3. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
4. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.

Prinsip-Prinsip Penilaian Tengah Semester

Dalam melaksanakan Penilaian Tengah Semester, maka pendidik perlu memperhatikan prinsip-prinsip penilaian sebagai berikut.

1. Sahih

Penilaian harus didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur pada peserta didik.

2. Objektif

Penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilaian.

3. Adil

Penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik tertentu.

4. Terpadu

Penilaian oleh pendidik merupakan satu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

5. Terbuka

Prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

6. Menyeluruh (Holistik) Dan Berkesinambungan

Penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

7. Sistematis

Penialain dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku.

8. Beracuan Pada Kriteria

Penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.

9. Akuntabel

Penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

Penyusunan soal Penilaian Tengah Semester juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip penilaian autentik sesuai tuntutan Kurikulum 2013.

Penilaian autentik sebagai ciri penilaian dalam Kurikulum 2013 memiliki prinsip-prinsip khusus sebagai berikut.

1. Materi penilaian dikembangkan dari kurikulum.
2. Bersifat lintas muatan atau mata pelajaran.
3. Berkaitan dengan kemampuan peserta didik.
4. Berbasis kinerja peserta didik.
5. Memotivasi belajar peserta didik.
6. Menekankan pada kegiatan dan pengalaman belajar peserta didik.
7. Memberi kebebasan peserta didik untuk mengkonstruksi responnya.
8. Menekankan keterpaduan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
9. Mengembangkan kemampuan berpikir divergen.
10. Menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran.
11. Menghendaki balikan yang segera dan terus menerus.
12. Menekankan konteks yang mencerminkan dunia nyata.
13. Terkait dengan dunia kerja.
14. Menggunakan data yang diperoleh langsung dari dunia nyata.
15. Menggunakan berbagai cara dan instrumen.

Kisi-Kisi, Soal, Dan Kunci Jawaban PTS Untuk SD/MI K13 Tahun 2021

Untuk referensi belajar peserta didik dalm menyiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022, berikut dibagikan kisi-kisi. soal, dan kunci jawaban PTS semester 1 SD MI Kurikulum 2013.

Paket soal PTS semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 tersebut secara lengkap dapat di unduh pada link berikut ini.

- Kisi-Kisi, Soal, Dan Kunci Jawaban PTS Semester 1 Kelas 1 Untuk SD/MI K2013

- Kisi-Kisi, Soal, Dan Kunci Jawaban PTS Semester 1 Kelas 2 Untuk SD/MI K2013

- Kisi-Kisi, Soal, Dan Kunci Jawaban PTS Semester 1 Kelas 3 Untuk SD/MI K2013

- Kisi-Kisi, Soal, Dan Kunci Jawaban PTS Semester 1 Kelas 4 Untuk SD/MI K2013

- Kisi-Kisi, Soal, Dan Kunci Jawaban PTS Semester 1 Kelas 5 Untuk SD/MI K2013

- Kisi-Kisi, Soal, Dan Kunci Jawaban PTS Semester 1 Kelas 6 Untuk SD/MI K2013

Demikian yang bisa kami bagikan melalui blog ini mengenai contoh soal PTS semester 1 untuk SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkan dapat memanfaatkannya dengan baik.