Download Buku Panduan Tutorial Try Out AKM Nasional Tahun 2021

Asesmen Nasional Tahun 2021 dalam bentuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tidak lama lagi akan segera dilaksanakan. AKM merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka mempersiapkan peserta didik yang mempunyai kecakapan di abad ke-21.

Asesmen Kompetensi Minimal yang diselenggarakan tersebut meliputi asesmen pada literasi membaca dan numerasi, yaitu asesmen pada kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca) dan asesmen kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi).

Literasi membaca bukan hanya sekadar kemampuan membaca secara harfiah tanpa mengetahui isi atau makna dari bacaan tersebut. Literasi melibatkan kemampuan dalam memahami konsep bacaan.

Sementara itu, numerasi pun bukan berarti hanya sekadar mampu dalam menghitung, akan tetapi kemampuan mengaplikasikan konsep hitungan di dalam suatu konteks.

AKM dapat menghasilkan peta kecakapan tentang literasi membaca dan numerasi peserta didik pada kelas 5, kelas 8, dan kelas 11 yang bisa digunakan sebagai bahan perbaikan dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan.

Dengan demikian, soal-soal yang dikembangkan untuk pelaksanaan AKM pun bersifat kontekstual, berbagai bentuk soal, mengukur kompetensi pemecahan masalah. Selain itu, soal AKM juga bersifat merangsang peserta didik untuk berpikir kritis.

Penilaian dalam AKM mengacu pada tolok ukur yang termuat dalam Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS).

Soal-soal AKM akan membuat peserta didik melahirkan daya analisis berdasarkan suatu informasi, bukan membuat peserta didik menghafal atau mengingat materi.

Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021

Berikut ini adalah rencana jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer / ANBK Tahun 2021.

jadwal pelaksanaan anbk 2021

Dengan ketentuan dalam jadwal pelaksanaan ANBK tersebut, maka berikut ini kami bagikan Buku Tutorial Try Out AKM Nasional Tahun 2021 bersama Erlangga dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi pelaksanaan ANBK yang sudah di depan mata.

Buku Tutorial Try Out AKM Nasional yang diterbitkan oleh Platform Digital Erlangga ini diharapkan bisa membantu para peserta AKM dalam mengikuti ANBK Tahun 2021.

Buku Tutorial Try Out Asesmen Kompetensi Minimum Nasional Tahun 2021 bersama Erlangga selengkapnya bisa Anda download secara gratis melalui link unduhan yang telah kami sediakan di bawah ini.

DOWNLOAD BUKU PANDUAN TUTORIAL TRY OUT AKM OLEH ERLANGGA

Demikian yang bisa kami bagikan melalui blog Guru Abata yang sederhana ini mengenai Buku Tutorial Try Out AKM Nasional Tahun 2021 bersama Erlangga. Semoga bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkan. Terimakasih.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama