Cara Menumbuhkan Semangat Kerjasama Di Lingkungan Sekolah

Pada postingan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah. Kerjasama yang dimaksud adalah mencakup kolaborasi antar sesama personel warga sekolah mulai dari guru, staf tenaga administrasi, penjaga keamanan sekolah, dan peserta didik.

Perlu diketahui bahwa kerjasama akan terjalin dengan baik ketika terdapat komunikasi yang baik diantara semua pihak yang ada di sekolah. Berbicara terkait kerjasama, tentunya Pimpinan Sekolah (Kepala Sekolah) memilikii peranan terpenting dalam mewujudkan hal tersebut.

Lantas, bagaimana cara agar semangat kerjasama dapat tumbuh di lingkungan sekolah?

cara menumbuhkan semangat kerjasama di sekolah

Berikut ini kami bagikan cara efektif menumbuhkan semangat kerjasama antar warga sekolah yang telah kami rangkum dari berbagai sumber relevan.

1. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Semua Warga Sekolah

Komunikasi yang dibangun secara baik tentu saja merupakan modal utama agar dapat melakukan kerjasama. Alasan paling masuk akalnya adalah ketika hubungan atau komunikasi terjalin secara baik, maka akan mudah untuk dapat menggabungkan banyak orang ke dalam sebuah komunitas yang harmonis (warga sekolah).

2. Rutin Mengadakan Acara Makan Bersama

Cara menumbuhkan semangat kerjasama yang kedua, yaitu membuat jadwal acara makan bersama secara rutin yang dilaksanakan di sekolah.

Apakah cara ini efektif?

Tentu saja efektif. Untuk dapat membangun semangat kerjasama antar warga sekolah di lingkungan internal, perlu adanya jadwal rutin untuk penyelenggaraan acara makan bersama dengan tujuan agar dapat memupuk keakraban, sehingga perasaan kekeluargaan akan terus tumbuh.

3. Memberi Arahan dan Contoh Keteladanan dalam Bekerjasama

Cara menumbuhkan semangat kerjasama yang ketiga bisa dilakukan oleh Kepala Sekolah dengan memberikan beberapa arahan serta contoh keteladanan dalam melakukan kerjasama.

Maksudnya, Kepala sekolah harus mampu dalam menunjukkan sikap bekerjasama dengan orang lain, sehingga sikap ini akan dapat dicontoh pula oleh warga sekolah lainnya.

4. Melibatkan Semua Warga Sekolah untuk Berkolaborasi dalam Pemecahan Masalah

Kerjasama ini bisa dikatakan juga dengan istilah kolaborasi. Kolaborasi merupakan proses kerjasama yang dilakukan secara berkelompok atau bersama-sama dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

Mengapa kolaborasi perlu dilaksanakan dalam kerjasama?

Karena tidak semua permasalahan di sekolah mampu dipecahkan secara mandiri. Maka terkadang diperlukan juga tindakan kerjasama dari berbagai pihak.

5. Memberi Kesempatan pada Setiap Pegawai untuk Menyampaikan Gagasan

Kerjasama dapat terwujud apabila ada respon yang baik dari kepala sekolah terhadap seorang pegawai. Dengan menghargai gagasan dan pendapat orang lain, maka orang yang diberi kesempatan tersebut akan merasa dirinya dihargai, sehingga mereka pun akan mau diajak untuk bekerjasama.

6. Memberikan Apresiasi pada Pekerjaan yang Dilakukan oleh Pegawai

Mengapresiasi adalah bentuk penghargaan seseorang kepada orang lain atas hasil pekerjaan yang dilakukannya. Apresiasi dari seorang kepala sekolah akan lebih besar pengaruhnya dalam membangun rasa percaya diri dalam bekerja.

Terkadang sebagian orang enggan bekerjasama karena merasa tidak percaya diri terhadap kemampuannya. Dengan memberikan apresiasi, maka mampu meningkatkan percaya diri pegawai secara personal sebagai salah satu modal untuk dapat bekerjasama dengan yang lain.

7. Memberikan Tugas pada Seseorang sesuai Dengan Kemampuannya

Kunci utama keberhasilan berkolaborasi dalam pekerjaan adalah semua orang dapat bekerja sesuai dengan tugas masing-masing. Pekerjaan dapat diselesaikan jika seseorang mampu melakukannya dengan baik.

Dalam sebuah komunitas, kelompok, organisasi, lembaga, termasuk sekolah, pekerjaan akan dapat dikerjakan dengan baik bilamana orang-orang dapat bekerja sesuai dengan kapasitasnya.

Hal ini tentu saja sangat penting untuk diperhatikan karena dalam kerjasama tim pekerjaan akan dapat berjalan jika setiap personel dapat melaksanakan seluruh tugas yang harus dikerjakan.

8. Mengadakan Kegiatan Peduli Warga Sekolah yang Sakit atau Terkena Musibah

Semangat kerjasama juga akan tumbuh apabila rasa persaudaraan diantara sesama warga sekolah terjalin dengan baik.

Kepala sekolah dapat melakukan kegiatan peduli terhadap sesama warga sekolah. Misalnya dengan mengajak seluruh personel di sekolah untuk menjenguk salah satu pegawai yang sedang sakit atau kedapatan sedang terkena musibah, sehingga solidaritas dan kekeluargaan akan terbangun dengan kuat, serta jiwa gotong royong akan semakin tertanam dalam diri setiap personel.

9. Mengikutsertakan Warga Sekolah menjadi Panitia dalam Kegiatan

Cara yang satu ini masih memiliki kemiripan dengan cara sebelumnya. Namun, pada cara ini semua warga sekolah sudah semestinya diikutsertakan untuk menjadi panitia kegiatan sekolah. Misalnya dalam kegiatan tahunan seperti perpisahan siswa kelas akhir. Dimana seluruh pihak mulai dari guru, staf tenaga administrasi, penjaga keamanan sekolah, dan termasuk juga siswa (OSIS) bisa dilibatkan menjadi panitia. Hal ini dilakukan dengan tetap memperhatikan kapasitas setiap personel agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan terkait cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah. Semoga bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu, dan semoga sekolah dimana Anda bertugas memiliki personel yang kuat dalam memupuk kerjasama yang baik.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama