Format Buku Catatan Prestasi Siswa SD

Assalaamualaikum sobat pendidikan. Kali ini berkas administrasi sekolah dasar yang akan Guru Abata bagikan merupakan salah satu perangkat guru kelas yang wajib dimiliki sebagai pelengkap perangkat administrasi. Perangkat tersebut adalah buku catatan prestasi siswa sekolah dasar atau SD.

Apa yang dimaksud dengan buku catatan prestasi siswa? Dokumen ini merupakan sebuah buku yang diperlukan untuk mencatat atau mendokumentasikan bermacam prestasi yang sudah diraih siswa selama menjadi pelajar di sekolah dasar.

Prestasi yang dicatat biasanya merupakan prestasi yang diselenggarakan pada kegiatan-kegiatan kompetisi perlombaan di luar sekolah. Misalnya siswa pernah menjadi juara pada pelaksanaan lomba baca puisi antar sekolah dasar, lomba bermain catur, lomba cerdas cermat, atau perlombaan lainnya yang pernah diikuti dan berhasil menjadi siswa dan berhasil jadi juara.

Kegunaan buku catatan prestasi tentu saja sebagai tempat menulis data-data siswa yang berprestasi. Di samping itu, kegunaan lainnya adalah sebagai administrasi guru kelas, baik yang duduk di kelas 1, 2, 3, 4, 5, atau bahkan kelas 6.

Keseluruhan bukunya memuat 2 komponen, yaitu sampul (cover) dan isi. Bagian sampul seperti biasa, yaitu berisi tulisan: buku catatan prestasi siswa, nama sekolah, tahun pelajaran, logo sekolah, dan alamat. Sedangkan pada bagian isi, seperti umumnya berbentuk tabel.

Tabel dalam catatan prestasi siswa terdiri dari kolom-kolom keterangan sebagai berikut:
- Nomor
- Hari dan tanggal
- Nama siswa
- Prestasi diraih
- Tingkat prestasi
- Keterangan

Format bukunya bisa Bapak / Ibu Guru lihat di bawah ini.

Tambahan:
Cara mengisi kolom "prestasi diraih" yaitu dengan menulis kejuaraan yang diraih, misalnya: Juara 1 lomba baca puisi atau semisalnya. Adapun untuk mengisi kolom "tingkat prestasi" yaitu dengan cara menuliskan redaksi kalimat seperti: Kejuaraan tingkat kabupaten atau provinsi, atau bahkan nasional.

Bagi Bapak / Ibu yang ingin memiliki dokumen catatan prestasi siswa tersebut bisa mengunduhnya melalui tautan berikut.

DOWNLOAD FORMAT BUKU CATATAN PRESTASI SISWA SD.docx

Demikian penjelasan yang bisa kami bagikan terkait dokumen buku catatan prestasi siswa sekolah dasar ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu yang sedang membutuhkan referensi format buku catatan prestasi ini.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama