Hai Remaja, Ketahuilah Perkembangan Fisik Pada Laki-Laki Dan Perempuan!

Perjalanan hidup seorang manusia tentu memiliki banyak sekali perubahan yang terjadi pada dirinya, baik itu perubahan secara biologis maupun perubahan secara psikis. Manusia sebagai salah satu makhluk hidup di bumi ini akan senantiasa mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan masanya. Oleh sebab itu, setidaknya kita perlu mengetahui tentang perkembangan fisik yang terjadi pada manusia tersebut.

Perkembangan fisik pada manusia yang beranjak dewasa (remaja) merupakan suatu hal yang mestinya diketahui oleh setiap orang khususnya bagi mereka yang masih berusia remaja. Sebab, hal tersebut akan dapat mempengaruhi cara remaja itu dalam bergaul dan bersikap.

Perkembangan fisik di usia remaja terjadi cukup cepat dan kadang tidak seimbang dengan perkembangan kejiwaan. Hal tersebut bisa membingungkan para remaja sehingga butuh dukungan dan bimbingan dari lingkungan di sekitarnya agar para remaja tidak salah dalam melangkah.

perubahan fisik laki laki dan perempuan

Perkembangan fisik para remaja merupakan hal yang lumrah. Hal tersebut terjadi karena pertumbuhan fisik remaja termasuk pertumbuhan pada organ-organ reproduksi mereka sedang dalam tahap kematangan.

Perkembangan fisik antara remaja laki-laki dan perempuan tentunya satu sama lain memiliki perbedaan. Untuk dapat mengetahuinya, berikut adalah tanda-tanda perkembangan fisik laki-laki dan perempuan yang mestinya diketahui oleh semua orang.

Perkembangan Fisik Laki-Laki Dan Perempuan

Perkembangan fisik yang terjadi pada remaja laki-laki biasanya adalah perubahan pada suara, tumbuhnya jakun, ukuran penis dan buah zakar bertambah besar, mengalami ereksi dan ejakulasi, badan lebih berotot, tumbuh kumis, cambang dan rambut di sekitar ketiak dan kemaluan.

Sedangkan perkembangan fisik yang dialami oleh remaja perempuan adalah ditandai dengan suara lebih nyaring, haid atau menstruasi, ukuran payudara membesar, pinggul melebar, serta tumbuhnya rambut di ketiak dan sekitar kemaluan.

Perkembangan fisik yang dialami oleh setiap laki-laki dan perempuan juga bisa dilihat dari adanya perubahan pada kejiwaan. Secara emosi, remaja akan lebih sensitif seperti mudah menangis, bersedih, cemas, frustasi, dan tertawa. Sementara secara intelegensia, remaja dapat berpikir abstrak, dan senang menyampaikan kritik.

Itulah perkembangan fisik laki-laki dan perempuan yang akan dialami oleh setiap orang. Hal ini menandakan bahwa laki-laki dan perempuan yang mengalaminya sudah mulai berpikir dan bersikap dewasa dalam kehidupan.

Dengan pengetahuan yang memadai tentang perkembangan fisik yang akan dialami oleh laki-laki dan perempuan ini diharapkan agar para remaja mampu menyesuaikan diri dalam bergaul di lingkungannya serta dapat memelihara kesehatan dirinya agar bisa memasuki masa kehidupan berkeluarga yang memiliki masa depan yang baik.
Baca Juga

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama