Aplikasi Pengolah Nilai Untuk MI MTs MA Terbaru Tahun 2021

Aplikasi Pengolah Nilai MI MTs MA Terbaru - Berikut ini Guru Abata akan membagikan file Aplikasi Pengolah Nilai untuk MI MTs MA Terbaru Tahun Pelajaran 2020/2021.

Aplikasi Pengolah Nilai yang kami bagikan ini bisa Bapak/Ibu Guru manfaatkan dalam membantu mengolah nilai peserta didik pada jenjang MI, MTs, dan MA Tahun Pelajaran 2020/2021.

Aplikasi Pengolah Hasil Belajar ini akan menghasilkan nilai akhir secara otomatis dan terperinci dengan adanya fitur pencetakan.

Pencapaian hasil belajar para peserta didik perlu adanya format nilai untuk selanjutnya guru melakukan pelaporan kepada orang tua/wali peserta didik sebagai salah satu implementasi tugas pokok sebagai seorang guru.

Penilaian hasil belajar merupakan kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian proses belajar peserta didik.

Penilaian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, dan penilaian oleh pemerintah.

Berdasarkan ketentuan tersebut, maka setiap satuan pendidikan selain harus melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, namun wajib juga melakukan penilaian hasil belajar.

Hasil belajar tersebut mencakup pada penilaian kognitif (pengetahuan), penilaian afektif (sikap), dan penilaian psikomotorik (keterampilan).

Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk dapat memantau dan mengevaluasi proses dan kemajuan pembelajaran.

Selain itu, penilaian hasil belajar juga berfungsi sebagai feedback / umpan balik dalam melaksanakan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

Tahapan penilaian hasil belajar mulai dari merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian tersebut.

Dalam Kurikulum 2013 terdapat suatu amanat dalam upaya perubahan paradigma penilaian yang semula lebih mengutamakan pengukuran hasil pembelajaran (assessment of learning), menjadi penilaian sebagai upaya pembelajaran (assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning),

Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi yang baik.

Download & Cara Penggunaan Aplikasi Pengolah Nilai

Cara memanfaatkan aplikasi pengolah nilai MI MTs MA tahun 2021 ini cukup mudah, yaitu dengan mengikuti petunjuk penggunaan sebagai berikut.

1. Aktifkan Macro, Klik File > Options > Trust Center > Trust Center Setting > Macro Settings > Enable All Macros

2. Isi form data lembaga dengan benar (dibatasi 150 peserta didik)

3. Isi Nilai Rapor Semester 1 hingga Semester 5 dan Nilai Ujian Akhir dengan cara klik masing-masing form pada Menu. Nilai Rapor terdiri dari Nilai Pengetahuan dan Nilai Keterampilan, yang bisa mengambil dari leger aplikasi ARD.

4. Pada Sub Menu Cetak, terdapat DKN, Surat Keterangan Lulus, SKHU Sementara, serta Ijazah Bagian Depan dan Belakang.

5. Format kertas disetting untuk ukuran kertas F4 Folio.

Bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkan Aplikasi Pengolah Nilai MI MTs MA Tahun Pelajaran 2020/2021 ini silakan diunduh melalui link yang telah kami sediakan berikut ini.

DOWNLOAD APLIKASI PENGOLAH NILAI UNTUK MI, MTs, MA TERBARU 2021

Demikian yang bisa kami bagikan terkait berkas Aplikasi Pengolah Nilai MI MTs MA terbaru tahun 2021. Semoga bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkan.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama