Cara Merubah Diri Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Dan Menarik

Sebelum menilai orang lain sebaiknya kita harus berkaca pada diri sendiri apakah diri ini sudah masuk dalam kategori pribadi yang baik atau sebaliknya. Yakinlah sobat, jika kita sibuk memperbaiki diri sendiri, maka tidak ada waktu untuk menilai orang lain yang mungkin saja mereka jauh lebih baik dari pribadi kita. Untuk itu, perlu ada upaya bagi setiap orang untuk merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik. Lantas tahukah sobat, bagaimana cara merubah diri menjadi orang yang lebih baik?

Mungkin Anda telah mencoba berbagai cara untuk berusaha menghibur teman Anda, berusaha membuat orang lain agar menyukai Anda, atau apapun yang Anda lakukan itu memang membuat orang lain merasa jadi spesial agar dapat membuat hubungan dengan mereka jadi semakin baik dan dengannya harus memperbaiki diri kita sendiri sebagai makhluk sosial.

Namun terkadang realita tidak berjalan sesuai dengan keinginan yang telah kita rencanakan. Anda sudah memberikan hadiah tapi mereka tidak menghargainya, Anda bersusah payah mengumpulkan teman-teman untuk bertemu tapi mereka sibuk dengan kehidupannya masing-masing, Anda berusaha menyenangkan atasan dan bekerja keras tapi masih tetap tidak diberikan promosi atau kompensasi atas kontribusi yang Anda berikan.

cara menjadi pribadi yang lebih baik

Jika endingnya seperti itu, menyebalkan bukan? Mengapa orang lain tidak terlalu tertarik dengan Anda, apakah ada yang salah pada diri Anda? Ataukah ada yang kurang? Maka, mari perbaiki hal tersebut.

Kita menilai diri sendiri dengan dasar niat yang kita miliki.

Anda berniat untuk menjadi orang yang memiliki pribadi yang baik, Anda berniat untuk menjadi orang yang menarik, lalu Anda menilai bahwa diri Anda adalah orang yang berkepribadian baik dan menarik. Maka itu salah besar. Mungkin yang Anda yakini Anda adalah orang yang menarik namun lingkungan tidak melihat Anda seperti itu. Kita semua hidup dalam dimensi pribadi kita masing-masing (pikiran kita sendiri) namun hal ini dapat menjebak pemikiran kita bahwa dunia akan turut merespon segala sesuatu berdasarkan dengan apa yang kita pikirkan.

Sayangnya tidak ada orang yang melihat diri kita dengan cara seperti itu. Mereka hanya melihat kita dari perilaku atau tindakan yang sudah kita lakukan, lebih buruk lagi mereka akan berasumsi berdasarkan dengan hal-hal yang pernah kita lakukan di masa lalu. Jika masa lalu Anda merupakan seorang penjahat, maka sebagian orang akan berasumsi bahwa sampai kapan pun Anda akan selalu melakukan hal-hal yang buruk atau tidak terpuji hingga masa depan.

Cara Menjadi Pribadi Yang Baik Dan Menarik

Seperti itulah cara kebanyakan orang dalam menilai, kita juga dinilai dari hasil akhir (dari apa yang telah kita lakukan/berikan untuk orang lain), dan mungkin tidak ada orang yang peduli dengan apa yang ada dalam pikiran kita saat ini.

Jadi jika benar ingin menjadi orang yang memiliki pribadi lebih baik dan menarik, maka buatlah orang lain juga merasa lebih baik dan menarik.

Inilah beberapa cara merubah diri agar bisa menjadi lebih baik dan menarik dari sebelumnya.

1. Belajar mengapresiasi dan menghargai orang lain

Tidak ada orang yang suka dengan mereka yang bersikap cuek dan tidak menghargai orang lain. Saat ini kita hidup di era media sosial yang penuh dengan dinamika dan interaksi.

Berhenti sejenak meninggikan dan melebihkan diri sendiri, berikan apresiasi yang jujur dan terbaik kepada orang lain. Bayangkan komentar atau pujian macam apa yang bisa membuat hati Anda merasa berbunga-bunga? Nah, sekarang lakukan hal tersebut kepada orang lain.

2. Belajar menemukan passion dalam tindakan Anda

Orang akan cenderung bosan dengan mereka yang sering mengeluh dengan kehidupannya. Apapun yang Anda kerjakan lakukanlah dengan sepenuh hati atau Anda dapat melakukan berbagai kegiatan lain di luar rutinitas sehari-hari. Kejarlah passion Anda, setidaknya terdapat 2 cara untuk menjalani passion Anda dalam hidup ini:

- Anda melakukan passion dan menjadikannya sebagai pekerjaan utama (passion yang dibayar)

- Anda melakukan pekerjaan lain dan Anda dapat membiayai passion-passion Anda tersebut.

Memang tidak semua passion dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, namun tidak ada salahnya dengan melakukan pekerjaan atau bisnis di luar passion Anda dan menjadikan passion tersebut sebagai hobi sampingan bahkan membiayai passion tersebut, karena faktanya sebagian passion itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sebaiknya jangan terlalu ambil pusing dengan passion, intinya hidup kita di dunia itu singkat, apakah Anda mau menghabiskan seumur hidup Anda dengan melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai?

3. Belajar menjadi orang yang kreatif

Kejarlah keluasan intuisi Anda, penuhi rasa ingin tahu Anda, hidup ini lebih luas dari sekedar bekerja setiap hari yang diawali dari jam 08.00 sampai jam 17.00 dan berkumpul bersama keluarga. Salah satu quotes legendaris dari Stave Jobs yang banyak dijadikan sebagai motivasi mengenai hidup adalah:

Ketika Anda tumbuh dewasa, Anda cenderung diberitahu bahwa dunia adalah apa adanya dan Anda hidup hanya untuk menjalani hidup Anda di dalam dunia. Cobalah untuk tidak terlalu banyak menabrak dinding. Cobalah untuk memiliki keluarga yang baik, bersenang-senang, hemat sedikit uang. Itu hidup yang sangat terbatas. Hidup bisa menjadi jauh lebih luas setelah Anda menemukan satu fakta sederhana: Segala sesuatu di sekitar Anda yang Anda sebut kehidupan dibuat oleh orang-orang yang tidak lebih pintar dari Anda dan Anda dapat mengubahnya, Anda dapat mempengaruhinya, Anda dapat membangun hal-hal Anda sendiri yang dapat dibuat orang lain. bisa menggunakan. Setelah Anda mempelajarinya, Anda tidak akan pernah sama lagi.

Kita sering diajarkan bahwa dunia sudah berjalan seperti itu dan kita hanya perlu hidup untuk menjalaninya dengan baik tanpa perlu melawan arus atau aturan berlaku, mempunyai kehidupan keluarga yang baik, sedikit bersenang-senang, dan nenabung untuk biaya hidup di masa depan.

Namun demikian, itu adalah kehidupan yang sangat terbatas, hidup ini bisa menjadi lebih luas saat Anda menemukan satu fakta sederhana yaitu bahwa semua hal dalam hidup ini dibangun oleh orang-orang yang sebenarnya tidak lebih pintar dari Anda, dan Anda mampu untuk mengubahnya, Anda dapat mempengaruhinya, Anda bisa membangun karya atau ciptaan Anda sendiri dimana orang lain bisa menggunakannya. Begitu paham, maka Anda akan dapat melihat dunia dengan cara yang berbeda.

Ciptakan sesuatu yang bisa membuat orang lain terkesan, buatlah sesuatu yang dapat menjadikan orang lain merasakan apa yang Anda rasakan, bisa berupa lagu, gambar, tulisan, atau apapun yang bermanfaat. Lakukan hal-hal yang mampu memacu adrenalin, misalnya olahraga, seni, berpetualang, travelling, dsb. Bangun usaha kecil-kecilan, kerjakan beberapa proyek yang bisa menarik minat Anda, coba ikuti lomba atau kompetisi yang ada.

Kenyataannya menjadi kreatif itu tidaklah sulit seperti yang Anda bayangkan.

4. Jangan jadi orang yang berpikiran negatif dan pesimis

Jika Anda memberi rasa pesimis kepada orang lain, membuat orang lain menjadi lelah, depresi, putus asa, negatif, atau lemah, tentunya mereka tidak akan suka berada di dekat Anda. Solusinya adalah menjadi orang yang selalu optimis, cara paling mudah untuk membawa pengaruh positif terhadap orang-orang di sekitar Anda adalah dengan cara berpikir positif dan selalu optimis akan masa depan.

Anda mungkin tahu bahwa Kebodohan itu menular, begitu juga dengan perilaku positif dan optimis, perasaan apapun sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, maka dari itu janganlah menjadi orang yang selalu membawa pengaruh negatif terhadap lingkungan Anda.

Begitu pula di media sosial, janganlah menebar kebencian, jangan pula mudah terpengaruh oleh situasi media dan politik yang berlangsung. Sekarang ini mudah sekali menyebarkan kebencian dan sentimen negatif di media sosial, Anda tidak perlu menyiram bensin ke dalam rumah yang sudah kebakaran.

5. Buat orang lain lebih bahagia dan berguna

Bill Gates pernah berkata: “Saat kita melihat ke depan menuju abad mendatang, pemimpin adalah mereka yang memberdayakan orang lain”, jika Anda mampu membuat orang lain merasa jadi lebih kuat, jadi lebih pintar, jadi lebih percaya diri, jadi lebih bijak, atau menjadi lebih dalam hal apapun, tentu mereka akan menyukai Anda.

Kita semua memiliki sesuatu yang dapat diberikan kepada orang lain, bahkan semudah perhatian kita, dan itulah sebenarnya yang orang-orang butuhkan, mereka butuh perhatian Anda.

Jadi hal terpenting dalam membuat diri Anda menjadi orang yang lebih baik dan menarik adalah dengan cara membuat orang lain merasa lebih baik dengan diri mereka sendiri. Ini bukan tentang Anda, ini tentang orang-orang dan seseorang yang Anda sayangi.
Tanto Fajrin

Allah lebih menyukai Pelaku Maksiat yang mau taubat, dari pada orang Sholeh yang tidak pernah merasa salah. - UAH

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama