Urgent! Hak Anak Untuk Dapatkan Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19

Saat ini dunia sedang disibukkan dengan wabah penyakit yang disebabkan oleh virus yang benama corona atau sering disebut dengan Covid-19 (Corona Virus Diseases 2019). Jutaan manusia terpapar dan ratusan ribu manusia yang menjadi korban meninggal dunia karena virus ini. Penularannya sangat cepat dan sulit mendeteksi orang yang terpapar virus, karena masa inkubasi Covid-19 memerlukan jangka waktu kurang lebih dua minggu untuk mengetahui penyebab banyaknya korban berjatuhan.

Urgent! Hak Anak Untuk Dapatkan Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19

Penanganan wabah ini membuat pemerintah menerapkan kebijakan Social Distancing yang menjadi pilihan berat bagi setiap negara dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dengan adanya kebijakan ini, maka berdampak negatif terhadap segala aspek kehidupan. Pendidikan pun ikut terdampak dalam kebijakan ini, keputusan pemerintah yang mendadak meliburkan dan mengalihkan proses pembelajaran dari sekolah menjadi di rumah.

Pendidikan merupakan hal terpenting dan utama dalam kehidupan kita. “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan” dimana dalam hal ini tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (1). Pasal ini menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Oleh karena itu, tidak ada seorangpun yang dapat menghalangi kita untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Proses belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19 ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru dalam menghantarkan ilmu kepada peserta didik. Dengan kondisi seperti sekarang, guru dituntut untuk mencari solusi yang inovatif dan berpikir secara kreatif agar proses pembelajaran di sekolah tetap berjalan walaupun tidak dapat bertatap muka.

Tidak selamanya pembelajaran bisa dilakukan secara tatap muka di sekolah, sebelunya guru memberikan pendidikan di rumah yang disebut dengan Moda Luring sesuai dengan zona yang sudah ditetapkan oleh sekolah.

Moda Luring tentu tidak membutuhkan internet. Contohnya guru melakukan pembelajaran dengan cara berkunjung ke rumah-rumah siswa agar dapat membantu siswa untuk tetap belajar di tengah-tengah masa pandemi covid-19. Keuntungan dari pembelajaran Moda Luring yaitu, hemat dan cepat serta tidak memerlukan koneksi internet.

Pada saat melakukan kunjungan rumah tentu harus memperhatikan dan menerapkan Protokol Kesehatan. Mencuci tangan menggunakan sabun selama dua puluh detik di air mengalir, menjaga jarak dan memakai masker.

Prosedur untuk melakukan pembelajaran Moda Luring adalah sebagai berikut:

1. Melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran

2. Memeriksa kehadiran siswa

3. Memberitahukan materi yang akan dibahas

4. Mengarahkan siswa untuk mendengarkan dan menyimak penjelasan materi

5. Siswa mampu menganalisis materi

6. Menyimpulkan materi bersama siswa

7. Melakukan baca doa bersama sebelum menutup proses pembelajaran

8. Tetap mamatuhi anjuran Protokol Kesehatan

Kesimpulan

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, siswa harus mendapatkan pendidikan. Mereka sangat antusias belajar dirumah meskipun harus berjaga jarak mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Guru melakukan pembelajaran Moda Luring dengan cara mengunjungi siswa ke zona yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah.

Berikan Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi.
Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama