Contoh Instrumen Akreditasi Sekolah Untuk PAUD, LKP & PKBM

Pada postingan beberapa waktu lalu Guru Abata telah membagikan bukti...Sejatinya akreditasi dilakukan atas pengarahan atau siklus yang tersistem dari.
Pada postingan beberapa waktu lalu Guru Abata telah membagikan bukti fisik untuk perangkat akreditasi SD/MI. Nah kali ini Guru Abata akan coba membagikan berkas administrasi akreditasi lainnya dalam postingan yang berjudul Download Instrumen Akreditasi Sekolah PAUD, LKP, dan PKBM ini.

Informasi yang disampaikan dalam postingan ini, Guru Abata akan membagikan beberapa bukti fisik akreditasi yang diantaranya adalah panduan dan istrumen akreditasi terbaru untuk PAUD, LKP, dan PKBM.

Bagi Bapak / Ibu para pendidik atau siapapun yang masih belum mengetahui definisi dari akreditasi, maka berikut kami akan coba berikan ulasan singkatnya.

Pengertian Akreditasi

Akreditasi bisa diartikan sebagai proses penilaian pada suatu lembaga secara berkesinambungan dari sebuah penilaian evaluasi diri, refleksi, dan perbaikan. Secara umum akreditasi juga bisa diartikan sebagai proses evaluasi dan penilaian mutu institusi suatu lembaga yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) atau tim ahli berdasarkan dengan standar mutu yang sudah ditetapkan.

Referensi Lain:

- Download Bukti Fisik Akreditasi PAUD 2021 (8 Standar Pendidikan) Gratis!

- Download Instrumen Akreditasi Sekolah Untuk Jenjang SD Dan SMP

- Download Instrumen Akreditasi Sekolah Untuk Jenjang SMA Dan SMK

Sejatinya akreditasi dilakukan atas pengarahan atau siklus yang tersistem dari badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar dari institusi yang bersangkutan. Dari tim asesor inilah hasil akreditasi menjadi sebuah pengakuan bahwa institusi yang sudah dinilai tersebut dalam memenuhi standar mutu yang ditetapkan. Sehingga dapat diketahui tentang kelayakan lembaga tersebut untuk beroperasi dan menyelenggarakan program-programnya.

Sedangkan pengertian akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) terhadap sekolah secara komprehensif dan sistematis melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk dapat menentukan tingkat kelayakan dan kinerja sekolah yang dinilai.

Akreditasi bisa juga dipandang sebagai hasil penilaian dalam bentuk sertifikasi formal yang menggambarkan secara detail tentang kondisi suatu Sekolah/Madrasah yang telah memenuhi standar layanan tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Diantara fungsi dan tujuan diadakanya akreditasi sekolah adalah agar sekolah atau Madrasah bisa melakukan perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

Secara tidak langsung, untuk mempersiapkan pelaksanaan akreditasi sekolah maka pendidik dan tenaga kependidikan bertanggung jawab atas kesuksesan kegiatan akreditasi, dan idealnya persiapan akreditasi pun harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari terutama terkait dengan dokumen administrasi bukti fisik atau dokumen penunjang akreditasi yang terdiri dari beberapa standar kompetensi yang tentunya tidak bisa disusun atau dibuat secara instan apalagi dadakan.

Download Instrumen Akreditasi PAUD, LKP, PKBM

Download Instrumen Akreditasi Sekolah Untuk PAUD, LKP PKBM

Di bawah ini Guru Abata telah menyediakan Instrumen Akreditasi untuk sekolah tingkat PAUD, LKP, PKBM untuk dapat diunduh secara gratis. Jika membutuhkannya, maka Anda hanya cukup mengklik beberapa link download yang telah kami sediakan di bawah.

Instrumen Akreditasi PAUD

- Kisi-Kisi Instrumen Akreditasi PAUD - Download

- Instrumen Akreditasi PAUD - Download

- Rubrik Penilaian Akreditasi PAUD - Download

Instrumen Akreditasi LKP

- Kisi-Kisi Instrumen Akreditasi LKP - Download

- Instrumen Akreditasi LKP - Download

- Rubrik Penilaian Akreditasi LKP - Download

Instrumen Akreditasi PKBM

- Kisi-Kisi Instrumen Akreditasi PKBM - Download

- Instrumen Akreditasi PKBM - Download

- Rubrik Penilaian Akreditasi PKBM - Download

Demikian informasi yang dapat Guru Abata bagikan dalam postingan Download Instrumen Akreditasi Sekolah Untuk PAUD, LKP, PKBM ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru khususnya yang sedang membutuhkan referensi tambahan terkait bukti fisik akreditasi untuk jenjang PAUD, LKP, dan PKBM.