Contoh Jurnal Harian Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Lengkap

Jurnal Harian untuk Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum 2013 merupakan salah satu perangkat pendidikan yang fungsinya adalah sebagai pencatat hasil kegitan pembelajaran sebagai bukti terlaksananya proses kegiatan belajar siswa setiap hari.

Dalam Jurnal Harian Pendidikan terdapat beberapa komponen seperti Tanggal Pelaksanaan. Kegiatan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Jenis Penilaian, Kompetensi Dasar pembelajaran serta komponen-komponen pendukung lain yang dirangkum dalam tabel Jurnal Harian.

Download Jurnal Harian Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Lengkap

Dengan adanya Jurnal Harian Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum 2013 ini dapat membuat guru menjadi lebih mudah dalam melakukan analisis terhadap pola atau metode pembelajaran serta sebagai salah satu implementasi dan evaluasi penerapan RPP dalam proses kegiatan belajar mengajar secara langsung.

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Dan Menentukan KKM-KBM Dalam Penilaian Kurikulum 2013

Fungsi Jurnal Harian Kelas 1 Semester 1


Terdapat beberapa fungsi pokok yang menjadi prinsip Jurnal Harian Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 ini, yaitu di antaranya adalah:

- Guru dapat lebih mudah melakukan evaluasi dengan melihat kronologis pembelajaran sebelumnya
- Guru dapat merencanakan kegiatan pembelajaran ke depan dengan lebih efesien
- Dokumen kelengkapan komponen administrasi kelas

Komponen Jurnal Harian Kelas 1 Semester 1


Untuk dapat lebih memudahkannya, dalam pencatatan dan evaluasi terdapat beberapa komponen yang harus dimasukkan dalam jurnal harian kelas 1 semester 1 kurikulum 2013 atau agenda harian, di antaranya adalah:

- Hari dan tanggal
- Mata pelajaran
- Tema / Subtema / Bab
- Urutan Pembelajaran
- Kompetensi Dasar
- Materi Pokok
- Kegiatan Pembelajaran
- Penilaian Pembelajaran / Evaluasi

Beberapa komponen di atas digunakan untuk memudahkan dalam membaca dan menganalisa Agenda Harian pelaksanaan pembelajaran. Sehingga guru dapat melakukan evaluasi hasil pembelajaran dengan lebih baik lagi.

Download Jurnal Harian Kelas 1 Semester 1


Bagi Bapak / Ibu Guru khususnya yang diberi amanah sebagai guru kelas atau wali kelas, dan membutuhkan salah satu perangkat pembelajaran yang satu ini, silahkan mengunduhnya melalui tautan Download yang telah kami sediakan di bawah.

- Jurnal Harian Kelas 1 Tema 1 Diriku - Download

- Jurnal Harian Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku - Download

- Jurnal Harian Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku - Download

- Jurnal Harian Kelas 1 Tema 4 Keluargaku - Download

Demikian yang dapat Guru Abata bagikan terkait Jurnal Harian Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 yang telah disesuaikan dengan bahan ajar Tematik Kurikulum 2013 terbaru.

File jurnal harian kelas yang kami bagikan di atas berupa format docx yang dapat dibuka menggunakan program Microsoft Office, sehingga dapat mempermudah saat mengedit untuk penyesuaian dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran masing-masing.

Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda melalui tombol media sosial di bawah ini. Dan jika terdapat link download yang rusak, mati, error, atau masalah lainnya, tolong beritahu kami melalui kolom komentar agar dapat segera kami perbaiki.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama