Inilah Cara Mudah Mengenali Ciri-Ciri Anak Cerdas Bagi Orang Tua

Untuk sebagian orang, membayangkan keseharian anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata sangatlah menyenangkan. Bagaimana tidak, anak yang cerdas biasanya dapat memperlihatkan cara berpikir yang efektif dan efisien.

Di samping itu, mereka juga memiliki kreativitas dan inovasi tersendiri saat menangani suatu masalah. Tidak hanya cepat selesai, namun juga mampu menghadirkan solusi yang tepat.

Ciri-Ciri Anak Cerdas

Sayangnya kebanyakan orang tua tidak menyadari tentang ciri-ciri anak cerdas. Mungkin bisa juga karena faktor pola pikir yang mereka miliki. Akhirnya mereka cenderung abai terhadap potensi dan bakat sang anak. Celakanya lagi, ada sebagian orang tua yang memaksa sang anak untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya bukan potensi dan bakatnya.

Orang tua lebih memilih mengarahkan anak pada keinginan mereka sendiri. Yang pada akhirnya sang anak tumbuh besar dengan ketidakpastian arah dan tujuan belajar. Tentu saja ini akan mengancam masa depan anak itu sendiri.

Baca juga: Ini Yang Sebaiknya Dilakukan Orang Tua Saat Anak Belajar Di Rumah

Meskipun demikian, sebagai orang tua Anda tidak perlu merasa kecewa jika terlanjur melakukan hal tersebut karena dengan mengetahui ciri-ciri anak cerdas berikut ini Anda dapat mengetahui dan mengenali tingkat kecerdasan anak Anda dalam memahami suatu hal.

Cara Mengenali Ciri Anak Yang Cerdas


1. Mengumpulkan Informasi Lebih Kompleks


Berhubung seorang anak cerdas mampu menampung informasi secara kompleks, maka tidak heran apabila mereka mau mendengarkan semua informasi. Tidak terbatas pada siapa yang menyampaikan informasi, tapi lebih kepada informasi apa yang diberikan.

Oleh sebab itu, biasanya mereka akan merespon positif setiap informasi yang didapat. Meskipun terkadang apa yang disampaikan belum dapat dilakukan atau dipelajari saat itu juga. Tetapi melalui aktivitas ini bisa dipastikan bahwa anak memiliki potensi kecerdasan yang tinggi.

2. Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi


Seperti tidak dapat terpuaskan seorang anak cerdas menyukai informasi baru. Tidak peduli informasi itu berguna atau tidak mereka tetap akan mencari tahu lebih detail. Dalam keadaan begini Anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya mereka mencari informasi tersebut untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mereka.

Sebagian orang terkadang tidak suka dengan sikap anak yang super ingin tahu terhadap suatu hal. Bertanya tentang hal-hal yang belum waktunya mereka ketahui terkadang membuat orang tua serba salah. Bagaimana tidak, bisa saja mereka berani bertanya tentang pernikahan, politik, atau pekerjaan.

Asalkan apa yang ingin mereka ketahui bukan hal-hal yang sangat pribadi, sebaiknya Anda tidak perlu cemas. Berikan penjelasan yang tepat dan menenangkan akan mendidik mereka lebih pintar dan berwawasan, sehingga mampu menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

3. Memiliki Daya Ingat Yang Bagus


Dalam rangka mengetahui seorang anak cerdas atau tidak dengan memperhatikan daya ingat mereka menjadi penting. Seorang anak pada dasarnya mudah mengingat sesuatu yang mereka lihat. Jika Anda memiliki anak dengan kebiasaan seperti ini, seharusnya Anda senang dan bahkan perlu mencari tahu cara untuk mengembangkannya.

Mengarahkan anak untuk memperhatikan hal-hal yang bermanfaat dan berdaya guna tinggi harus menjadi hal prioritas. Walaupun mereka memiliki daya ingat yang bagus, tetapi mereka mudah dipengaruhi oleh lingkungan.

Baca juga: 7 Rahasia Ini Dapat Bantu Meningkatkan Keterampilan Seorang Pelajar

Oleh karena itu, menjaga mereka dari hal-hal negatif haruslah ditingkatkan. Kalau tidak dikontrol emosi yang dikeluarkan dapat memperburuk daya ingat mereka.

4. Mampu Membaca Cepat


Pada saat membaca ada 2 indera yang berjalan yaitu mata dan mulut. Berdasarkan kenyataan ketika anak membaca cepat organ mata, otak dan mulut bekerja beriringan. Semakin cepat anak membaca maka membuktikan bahwa otak mereka memiliki IQ yang tinggi. Karena otot mata bersinergi cepat ke otak dengan memberikan perintah kepada mulut untuk membaca. Bisa dibilang kecerdasan yang dimiliki seperti gerak reflek, tanpa perhitungan lagi.

Kalau anda melihat anak anda bisa membaca dengan cepat-cepatlah motivasi dengan menyediakan ruangan belajar atau buku-buku yang bermutu. Tujuannya anak sibuk dengan ilmu pengetahuan sehingga potensi kecerdasan anak tidak terputus yang berakibat turunnya IQ.

5. Rasa Percaya Diri Kuat


Menurut saya percaya diri adalah proses keyakinan yang kuat dari berpikir otak ke jantung sehingga menimbulkan ketenangan dalam hati. Oleh karena itu mereka yang percaya diri tidak memiliki rasa berdebar-debar pada jantung mereka.

Bagaimana anak bisa percaya diri tentu memiliki sebab. Salah satunya faktor emosi dan IQ mereka. Oleh karena itu anak dengan percaya diri yang kuat sudah cukup membuktikan sifat cerdas mereka. Mereka mampu mengontrol emosi ditunjang otak bekerja secara efektif.

6. Tidak Suka Membantah


Mencoba mengetahui sifat anak cerdas bisa tampak saat mereka dinasehati atau bahkan dimarahi. Mereka cenderung tenang seperti tidak merespon apapun hanya diam. Namun dibalik itu mereka menyimpan nasehat tersebut rapat-rapat sehingga terkesan acuh saja.

Mereka lebih suka mendengarkan karena mereka menghormati dan menghargai nasehat. Adapun langsung membantah hanya menunjukkan sifat tergesa-gesa pendalaman sebab akibat. Oleh karena itu sifat suka membantah mereka hindari.

Berkaitan dengan hal itu jangan langsung mengambil kesimpulan sesaat karena bagaiman pun juga mereka akan mengkaji nasehat tersebut. Jika nasehat tersebut positif suatu saat mereka akan mengerjakannya.

7. Berjiwa Seni Tinggi


Tak perlu dikatakan lebih jauh bahwa seni adalah jiwa anak cerdas. Mereka menyukai hal-hal yang barnuansa seni baik itu berupa tulisan, gambar, lukisan, bahkan suara. Oleh karena itu jangan heran jika mereka sibuk mengamati hal-hal kecil yang tidak enak dipandang mata.

8. Konsentrasi Tinggi


Bagi sebagian anak mendengarkan disertai konsentrasi mungkin sesuatu yang membosankan apalagi jika berlangsung terlalu lama. Kepala serasa pusing karena bingung. Namun tidak demikian jika terjadi pada anak cerdas. Mereka dapat diam dan tenang untuk konsentrasi. Lebih dari itu anak cerdas sangat terganggu dengan suasana ramai yang bergemuruh.

9. Berpikir Kreatif


Meskipun berpikir kreatif merupakan hal yang sulit, tetapi anak yang cerdas menikmati hal tersebut. Mereka akan mencoba mengotak-atik sesuatu sehingga menjadi sesuatu yang lain. Tidak peduli apa yang dilakukan yang jelas mereka bisa bereksperimen dengan hal tersebut.

Baca juga: Beberapa Tips Penting Ini Perlu Dilakukan Oleh Seorang Guru Yang Masih Baru

Meskipun terkadang melakukan hal-hal yang menjengkelkan, tetapi jika diarahkan menurut tempat dan sarana yang tepat dapat memaksimalkan potensi kecerdasan menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu jangan mematikan pikiran kreatif mereka dengan kata “Jangan begini atau Jangan begitu”.

Kesimpulan


Pada dasarnya setiap anak berkembang dengan potensi mereka sendiri. Meskipun banyak orang yang bilang bahwa ciri-ciri anak cerdas atau pintar diketahui karena keturunan. Namun kenyataan hal tersebut bisa dirubah. Latihan dan motivasi belajar yang baik dapat membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Punya pandangan lain? Silahkan dishare di sini!

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama