Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajarnya, Guru Harus Seperti Ini!

Karena tugas utamanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, maka mengajar memang menjadi kemampuan paling penting yang dibutuhkan oleh seorang guru. Dengan karakter siswa yang berbeda-beda, tentu sebelum mengajar guru harus memiliki bekalnya terlebih dulu. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara untuk meningkatkan kemampuan mengajar bagi Anda yang berprofesi sebagai guru.

Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajarnya, Guru Harus Seperti Ini!

Sekilas Tentang Pembelajaran


Secara singkat, pembelajaran merupakan penyediaan sebuah sistem lingkungan yang dapat menimbulkan terjadinya proses belajar. Sedangkan di sekolah, proses yang terjadi adalah proses belajar mengajar, karena terdapat guru yang mengajar siswa.

Pengertian lain tentang pembelajaran tercantum dalam Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi dirinya, terkait dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pembelajaran memiliki beberapa ciri, antara lain yaitu sebagai berikut.

- Ada guru yang mengajar

- Ada siswa yang menerima pengajaran

- Ada aktivitas pembelajaran antara guru dengan siswa

- Terjadi interaksi antara guru dengan siswa

- Bertujuan untuk mengubah tingkah laku siswa menjadi lebih baik

- Proses pelaksanaan dan hasilnya direncanakan terlebih dahulu

Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran


Dalam proses pembelajaran, guru memiliki tugas-tugas yang harus dipenuhi. Menurut Nuryani, dkk (2000), tugas guru terkait dengan proses pembelajaran adalah:

- Merumuskan Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK)

- Merumuskan alat evaluasi yang relevan dengan tujuan tersebut

- Memilih materi ajar untuk menunjang TPK serta alat evaluasi

- Memilih pengalaman belajar yang akan diberikan ke siswa

- Melaksanakan proses belajar dan mengajar

- Melakukan evaluasi hasil belajar siswa

- Memakai alat evaluasi yang telah disiapkan

- Memakai umpan balik

- Menyiapkan berbagai hal untuk keperluan mengajar

Cara Meningkatkan Kemampuan Mengajar


Kemampuan mengajar memang tidak bisa dihadirkan begitu saja. Seperti kemampuan lainnya, agar semakin mahir, Anda juga butuh berlatih mengajar. Latihan ini bisa diperoleh ketika Anda kuliah di fakultas keguruan, atau dari pengalaman mengajar. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan mengajar yang bisa Anda terapkan.

Mengikuti Program Penataran


Program ini dilakukan untuk memberikan kesempatan guru berkembang secara profesional dalam mengajar dan mendidik. Terkait dengan ini, sekarang terdapat program PPG (Pendidikan Profesi Guru). Siapa pun yang ingin diakui sebagai seorang guru profesional, maka harus mengikuti program PPG terlebih dahulu.

Mengikuti Program Musyawarah Guru Bidang Studi (MGBS)


Beberapa masalah rumit mungkin saja Anda temui terkait dengan pembelajaran di sekolah. Untuk itu, Anda dapat mengikuti kegiatan MGBS ini agar bisa mendiskusikan permasalahan tersebut dengan rekan-rekan. MGBS sendiri memang bertujuan untuk mengatasi kekurangan guru dalam mengajar dan mendiskusikan pemecahan masalah yang dihadapi.

Belajar Secara Mandiri


Pada hakikatnya, belajar memang harus dilakukan sepanjang hayat, termasuk ketika Anda sudah menjadi guru. Belajar secara mandiri ini sebenarnya bisa Anda lakukan setiap hari. Contohnya, setiap selesai mengajar, Anda mengoreksi apa saja kesalahan hari itu lalu memperbaikinya.

Belajar mandiri ini juga bisa dilakukan dengan membaca berbagai hal terkait peningkatan kemampuan mengajar Anda. Anda bisa mencari sumbernya dari internet, maupun bertanya dengan rekan yang lebih berpengalaman dari Anda.

Coba Mengikuti Kursus


Mengikuti kursus, kenapa tidak? Kalau belajar mandiri Anda rasa kurang maksimal, Anda bisa mencari kursus untuk meningkatkan kompetensi Anda. Kursus ini juga memiliki dua manfaat. Pertama, menjadi penyegaran bagi guru. Kedua, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru terkait dengan amanah yang diembannya.

Jadi begitu beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan mengajar untuk seorang guru. Selamat mencoba.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama