Mau Belajar Bahasa Inggris Gratis? Begini Caranya!

Belajar bahasa Inggris gratis bukanlah sebuah kemustahilan lagi di zaman sekarang. Adanya internet dan perkembangan teknologi yang pesat membuat Anda bisa mempelajari bahasa Inggris tanpa mengeluarkan biaya.

Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi bagaimana cara menguasai bahasa Inggris tanpa perlu ikut kursus atau belajar melalui pendidikan formal. Mari kita simak uraian berikut ini.

Belajar Bahasa Inggris Gratis? Bisa Kok!

Menonton Film


Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa belajar bahasa Inggris gratis adalah dengan menonton film. Mulailah dengan film yang memiliki genre yang Anda sukai. Namun, Anda perlu menonton film dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Sambil, menonton Anda bisa sambil mempelajari kosakata dalam bahasa Inggris.

Pertama, Anda bisa mencoba dengan menggunakan subtitle berbahasa Indonesia. Jika kemampuan Anda sudah meningkat, Anda bisa menantang diri sendiri dengan menonton film dengan subtitle berbahasa Inggris.

Anda tidak akan terasa sedang belajar. Cara ini tentu bisa membuat Anda belajar dengan lebih enjoy. Jika kemampuan Anda semakin meningkat, Anda bisa belajar menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Kegiatan ini membuat Anda pelajar kosakata, pronunciation atau pelafalan, dan budaya.

Mendengarkan Musik


Anda mungkin tidak terlalu suka menonton film. Di sisi lain, Anda sangat menyukai musik. Jika begitu, Anda bisa belajar bahasa Inggris gratis dengan cara mendengarkan musik.

Jika Anda mendengarkan musik-musik berbahasa Inggris, Anda bisa melatih listening skill Anda dalam bahasa Inggris. Sebaiknya, Anda mencoba mencerna arti lagu sebelum mencari lirik dan terjemahannya. Cari tahu apakah Anda bisa memahami lirik lagu yang sedang Anda dengarkan.

Jika sudah, Anda bisa mengecek jawaban Anda dengan mencari lirik lagu tersebut. Dari situ, Anda bisa belajar pelafalan sebuah kata dengan benar. Anda bisa menemukan vocabulary baru. Ternyata mendengarkan musik bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Follow Social Media Artis Kesayangan Anda


Apakah Anda memiliki artis Hollywood kesayangan? Atau Anda adalah fans berat penyanyi internasional? Jika begitu, Anda bisa belajar bahasa Inggris gratis dengan follow social media mereka. Sebagai public figure, mereka akan sering membagikan kegiatan mereka di media sosial.

Baik lewat feed atau stories Instagram, video baru di Youtube, maupun tweet dan thread di Twitter, idola Anda akan banyak menggunakan bahasa Inggris untuk membagikan konten mereka. Dengan begitu, Anda bisa belajar mendengarkan dan juga membaca teks dalam bahasa Inggris.

Anda tentu tidak ingin melewatkan informasi terbaru dari artis kesayangan Anda. Jika ada perkataan atau tulisan yang tidak Anda pahami, Anda akan lebih tergerak untuk mencari tahu artinya. Dari kegiatan ini, Anda akan didorong untuk membaca artikel berita terbaru mengenai perkembangan artis kesayangan yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris.

Subscribe Channel Youtuber Luar Negeri


Youtube adalah media sosial yang sangat disenangi oleh warganet. Anda juga mungkin salah satunya. Anda bisa memanfaatkan teknologi ini untuk bisa belajar bahasa Inggris gratis. Coba cari Youtuber dari luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris dalam bercakap-cakap.

Dengan menonton channel Youtuber luar negeri, Anda bisa belajar kosakata baru, bagaimana menerapkannya dalam sebuah kalimat, dan juga belajar listening. Anda boleh menggunakan subtitle bahasa Inggris untuk membantu Anda memahami percakapan.

Seiring berjalannya waktu, Anda perlu belajar untuk tidak menggunakan subtitle. Anda perlu mengasah kemampuan listening Anda lewat Youtube. Selain itu, Anda bisa subscribe 8 channel dalam artikel ini karena Anda bisa belajar bahasa Inggris melalui channel tersebut secara gratis.

Jalan-Jalan Ke Tempat Wisata


Cara selanjutnya yang bisa Anda coba untuk bisa belajar bahasa Inggris gratis adalah dengan jalan-jalan ke tempat wisata. Bagaimana bisa?

Carilah tempat wisata di kotamu atau di daerah sekitarnya. Di sana terdapat banyak papan peraturan dan tanda berbahasa Inggris. Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan membaca papan peraturan, tanda, dan petunjuk yang ada di sekitar tempat wisata.

Biasanya, Anda akan bertemu turis internasional di tempat wisata. Anda bisa melatih speaking skill Anda dengan mengajak turis tersebut berbicara. Anda bisa belajar bagaimana seorang native mengucapkan kata dan kalimat dalam bahasa Inggris. Anda bisa belajar bagaimana ekspresi yang mereka dalam berdialog.

Bermain Game


Jika Anda tidak suka pergi-pergi, Anda bisa belajar bahasa Inggris dari rumah. Bagaimana caranya? Anda bisa belajar bahasa inggris gratis dengan bermain game.

Biasanya, dalam sebuah game ada plot atau story yang menyertai. Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan membaca dan mengikuti jalan cerita sebuah game.

Anda juga bisa belajar kosakata baru melalui tokoh-tokoh dalam game, peralatan di dalam game, narasi, dan sebagainya. Jika Anda bermain game online, Anda bisa bertemu player lain dari mancanegara. Dengan begitu, Anda bisa belajar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan orang asing.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris gratis. Selain tidak membutuhkan uang, Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan daripada hanya sekadar menerjemahkan kata-kata dalam sebuah teks.

Dengan menggunakan cara belajar bahasa Inggris gratis dalam artikel ini, Anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Selamat mencoba!

Kirim Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi.
Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama