Belajar Bahasa Inggris Dengan Cara Yang Menyenangkan

Belajar bahasa Inggris menjadi suatu keharusan bagi kita untuk menjadi generasi yang siap dalam persaingan global. Sebenarnya, kita sudah diberikan pelajaran bahasa asing sejak TK, meskipun masih kosa kata dasar. Namun, banyak juga di antara kita yang masih belum menguasai bahasa asing tersebut sampai sekarang sehingga dibutuhkan upaya lebih lebih lagi.

Beberapa orang mungkin masih kesulitan untuk belajar bahasa Inggris, bahkan membuat mereka terkadang benci karena tidak mudah untuk bisa menguasai bahasa ini. Sebenarnya, anggapan bahwa belajar bahasa asing sulit itu tidak benar. Kita bisa menciptakan metode dan suasana belajar yang menyenangkan sehingga lebih mudah untuk menguasai kemampuan ini.

Membaca Komik Atau Novel


Bagi Anda yang suka membaca komik atau novel pasti suka dengan cara yang satu ini. Anda bisa memanfaatkan hobi ini untuk belajar bahasa Inggris karena banyak komik atau novel berbahasa asing ini yang bisa Anda jumpai, baik di toko buku, perpustakaan, atau mengakses buku tersebut secara online. Genre dan tema ceritanya pun bervariasi.

Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Cara Yang Menyenangkan

Pilihlah komik atau novel dengan tema yang Anda sukai, mulai dari persahabatan, romantis, action, thriller, horror, dan lain sebagainya. Dengan memilih tema yang disukai, Anda akan semakin senang membaca komik atau novel tersebut. Apabila Anda tidak mengetahui kata di dalam buku tersebut, maka catat dan terjemahkan untuk menambah kosakata.

Menonton Film Favorit


Kegiatan apa lagi yang lebih menyenangkan selain menonton film? Banyak film menarik bahkan membuat Anda ketagihan untuk melihatnya. Cara belajar bahasa Inggris ini cocok bagi Anda yang suka menonton film. Pilihlah film yang menurut Anda seru untuk ditonton agar suasana belajar pun menjadi lebih menyenangkan dan pastinya tidak membosankan.

Jika kemampuan berbahasa asing Anda masih terbilang pemula, maka pilihlah film dengan percakapan atau tema yang masih ringan agar mudah dipahami. Anda bisa memanfaatkan fitur subtitle pada film tersebut. Pertama, mungkin Anda bisa menggunakan subtitle bahasa Indonesia, kemudian bahasa Inggris dan kemudian tidak menggunakan subtitle sama sekali. Jadi, paling tidak Anda menonton film tersebut tiga kali.

Mendengarkan Lagu Favorit


Menonton film dan membaca buku membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika Anda ingin belajar bahasa asing ini dengan waktu yang singkat untuk mengisi waktu luang, maka Anda bisa mendengarkan lagu favorit berbahasa asing ini. Hal ini menjadi cara yang paling menyenangkan karena siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Pilihlah musik-musik dengan genre yang Anda sukai.

Kemudian, masukkan semua lagi dengan bahasa Inggris tersebut ke dalam playlist pada ponsel atau laptop Anda. Apabila ada waktu luang atau memungkinkan untuk memainkan musik, maka mulailah untuk mendengarkan lagu tersebut. Di samping itu, Anda juga harus tahu setiap lafal dan makna dari lagu tersebut agar menambah kosa kata dan membantu dalam penyusunan kalimat.

Mencari Teman Untuk Praktik


Meskipun banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan sendiri, tapi dengan adanya teman maka akan memberikan suasana yang berbeda. Anda juga bisa mencari teman untuk praktik agar belajar bahasa Inggris menjadi lebih maksimal. Beberapa dari kita mungkin malu berbicara bahasa asing di depan orang banyak karena takut diejek atau ditertawakan.

Oleh karena itu, keluarga atau sahabat bisa menjadi teman yang tepat untuk praktik berbahasa. Kemampuan bahasa tidak akan meningkat jika kita hanya mendengar, membaca atau menghafalkannya saja. Kita juga harus berlatih berbicara atau menerapkannya pada keseharian agar kemampuan bahasa bisa meningkat dengan cepat dan dengan bantuan teman, Anda bisa melakukannya.

Berbicara dengan Diri Sendiri


Apabila Anda masih ragu dan malu berbicara bahasa Inggris dengan teman, maka tidak ada salahnya Anda mengasah kemampuan berbahasa ini dengan berbicara sendiri. Cermin, bayangan atau boneka bisa menjadi media untuk Anda berlatih berbicara bahasa asing. Anda bisa berperan seolah-olah menjadi MC, menceritakan pengalaman, pergi keluar negeri atau hal-hal lain sesuai dengan imajinasi.

Jadi, meskipun Anda tidak memiliki teman untuk praktik, tapi Anda tetap harus melatih kemampuan berbahasa dengan mengucapkannya secara langsung. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan dalam sehari-hari, maka tanpa disadari kemampuan berbahasa Anda akan semakin meningkat dengan cepat. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa kata atau kalimatnya sudah benar.

Memanfaatkan Game Yang Seru


Bermain game juga menjadi kegiatan belajar bahasa Inggris yang seru. Anda bisa memanfaatkan aplikasi game yang bisa dimainkan menggunakan ponsel, laptop atau PC. Game ini bisa dilakukan apabila Anda ingin belajar sendiri. Pilihlah game berbahasa asing ini, maka Anda akan mendapatkan banyak kosakata baru, contoh penyusunan kalimat dan pengucapannya.

Namun, jika Anda ingin menambah keseruan dalam bermain game, maka Anda bisa memainkan permainan yang melibatkan orang lain. Misalnya, monopoli, ular tangga, mafia, dan game lain dengan syarat menggunakan bahasa asing. Dengan begitu, Anda bisa melatih kemampuan berbicara bahasa asing bersama dengan teman-teman lain yang mungkin juga sedang belajar.

Menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris


Jika Anda lebih suka belajar dengan konsentrasi penuh tapi tetap dengan metode yang menyenangkan, maka Anda bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa. Sekarang ini, mudah bagi kita untuk menemukan aplikasi belajar di play store, baik secara offline ataupun online. Di situ, Anda akan mendapatkan berbagai macam materi dengan cara yang menyenangkan.

Jadi, banyak cara seru dan asyik yang bisa Anda gunakan untuk membuat suasana belajar lebih positif sehingga hasilnya diharapkan juga lebih maksimal. Anda bisa memilih sendiri cara seperti apa yang sekiranya cocok dengan kebutuhan dan kemampuan Anda agar hasilnya lebih maksimal. Apa pun itu, belajar dan terus melatih diri adalah kunci dalam belajar bahasa inggris.

Kirim Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.

Lebih baru Lebih lama