Contoh Dokumen Rencana Kerja Sekolah (RKS) Terbaru

Pada kesempatan ini Guru Abata akan membagikan Rencana Kerja Sekolah (RKS) Terbaru tahun 2019. Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) ini didasarkan pada Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, bahwa setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, mualai dari tingkat SD, SMP SMA harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) untuk kelancaran sistem pendidikan di jenjang sekolah masing-masing.

Pengertian RKS sendiri adalah suatu dokumen yang memuat rencana program pengembangan sekolah dalam empat tahun ke depan. Penyusunan RKS sendiri harus memenuhi beberapa kategori dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki menuju sekolah yang memenuhi Standar Nasional Pedidikan (SNP). RKS yang disusun setiap sekolah harus berisi mengenai rangkaian rencana berbagai upaya sekolah dan pihak lain yang terkait dan ikut mengembangkan pendidikan untuk mengatasi berbagai persoalan sekolah yang ada saat ini menuju terpenuhinya SNP.

Sedangkan pengertian RKAS adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun ke depan. Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ini disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan dalam proses manageman pendidikan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP.

Singakatnya dengan demikian RKS adalah gambaran umum rencana pengembangan sekolah selama empat tahunan sedangkan RKAS adalah jabaran rinci program sekolah tahunan yang disusun oleh sekolah untuk memenuhi SNP dalam satuan pendidikan tertentu. RKS dan RKAS merupakan satu kesatuan.

- DOWNLOAD RKS BAB 1 - PENDAHULUAN
- DOWNLOAD RKS BAB 2 - VISI DAN MISI
- DOWNLOAD RKS BAB 3 - PROFIL SEKOLAH
- DOWNLOAD RKS BAB 4 - PROGRAM KERJA
- DOWNLOAD RKS BAB 5 - PENDANAAN
- DOWNLOAD RKS BAB 6 - PENUTUP

Demikian yang bisa kami bagikan terkait download contoh dokumen Rencana Kerja Sekolah (RKS) Tahun 2019 ini. Semoga file administrasi yang kami bagikan ini dapat memberi manfaat untuk Bapak / Ibu semuanya.