Apa yang Harus Dilakukan Jika Mesin Mobil Ngelitik? Cari Tahu Dulu Penyebabnya Disini

Berbicara tentang mesin tentunya harus dijaga perawatannya karena memang menjadi komponen paling utama pada sebuah mobil. Komponen ini tidak boleh rusak sedikitpun karena jika rusak dan tidak mau menyala maka kendaraan tidak bisa digunakan sama sekali. Hal ini membuat mesin harus terus dirawat dengan benar, sebaiknya lakukan pengecekan berkala ke bengkel untuk mengetahui kondisinya.

harus dilakukan mesin mobil ngelitik

Jika ada masalah dan sudah bisa dideteksi dari awal, maka tidak perlu khawatir karena hanya perlu perbaikan saja. Tetapi jika dibiarkan secara terus-menerus, maka kinerja mesin pun akan semakin menurun dan hal yang lebih parah lagi bisa terjadi pada mesin, yaitu turun mesin.

Masalah lain yang sering muncul jika mesin bermasalah adalah terdapat suara ngelitik yang mengganggu konsentrasi pengemudi. Lalu apa yang mesti dilakukan jika mesin mengeluarkan suara ngelitik? jawabannya tentu saja segera bawa ke bengkel dengan cari tahu dulu penyebabnya disini.

Proses pengapian tidak normal

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab suara ngelitik muncul adalah proses pengapian yang tidak normal. Proses pengapian untuk pertama kalinya berasal dari komponen busi pada ruang bakar. Ketika busi sudah menurun kinerjanya maka percikan yang dihasilkan pun akan semakin kecil.


Sehingga bensin yang berasal dari injektor tidak bisa terbakar dengan normal atau sempurna dan akhirnya timbul suara ngelitik pada area mesin. Jika hal ini penyebabnya maka solusi utama yang perlu dilakukan adalah mengganti busi dengan yang baru agar pengapian bisa menjadi normal kembali.

Pencampuran udara dengan bensin tidak sempurna

Agar mesin bisa menyala dengan baik maka dibutuhkan bensin, udara, dan juga pengapian yang sempurna. Jika dari ketiga faktor tersebut bermasalah, seperti pencampuran udara dengan bensin yang tidak sempurna atau tidak merata, maka biasanya dapat menimbulkan suara ngelitik tersebut.

Untuk menyelesaikan masalah ini, solusinya adalah segera membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan tune up sekalian service. Mekanik juga akan melakukan proses setting bahan bakar untuk menghilangkan suara ngelitik yang terjadi sebelum dilakukan service.

Ignition timing tidak dalam posisi yang tepat

Perlu diketahui bahwa ignition timing adalah waktu pengapian di ruang pembakaran. Suara ngelitik bisa terjadi karena ignition timing tidak dalam posisi yang tepat atau berada pada letak normal, sehingga bahan bakar meledak tidak di waktu yang tepat. Jika hal ini terus dibiarkan maka bisa membuat kompresi menjadi bocor, tidak bertenaga, dan ada suara ngelitik dari dalam mesin.

Itulah tiga penyebab mesin mobil ngelitik yang harus secepatnya dimasukkan ke bengkel untuk segera diatasi masalahnya. Biasanya masalah ini terjadi setelah beberapa tahun pemakaian sehingga ada orang yang memutuskan jual mobil tersebut. Bagi yang ingin beli mobil bekas tentunya tidak ingin mendapatkan mobil yang bermasalah, maka itu pilih platform mobbi saja. Dengan beli di mobbi maka pembeli juga akan merasa tenang karena semua kendaraan sudah certified dan tidak akan ditemukan masalah seperti suara ngelitik, cari tahu tentang mobbi sekarang.

Pilih metode donasi Anda

Scan kode QRIS
BRI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (4132-01-011052-53-6)
BSI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (7152-49-7533)
Jika artikel ini bermanfaat, Traktir Penulis Secangkir Kopi dengan Memberikan Donasi. (Tekan tombol oranye!)
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama