Begini Cara Menghilangkan Plak Gigi Yang Ampuh dan Tepat

Plak gigi dapat menyebabkan berbagai gejala kerusakan pada gigi dan gusi Anda. Dalam kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang beberapa cara menghilangkan plak gigi yang cukup ampuh dan efektif untuk menjaga kesehatan mulut Anda.

Plak gigi secara kasat mata tampak seperti suatu lapisan licin dan tipis berwarna kuning atau putih yang biasanya terdapat di antara gigi dan sepanjang batas gusi pada gigi. Plak gigi terbentuk akibat berbagai macam bakteri menempel di gigi, dan akan semakin jelas terlihat ketika gigi tidak disikat.

cara hilangkan plak gigi

Plak gigi bisa terjadi ketika kue, permen, susu, cokelat, minuman ringan, atau makanan mengandung karbohidrat tertinggal di gigi. Kemudian bakteri yang hidup pada mulut mengeluarkan asam yang dapat menghancurkan enamel gigi (lapisan pelindung terluar gigi) dan menyebabkan gigi berlubang. Bakteri ini juga bisa menimbulkan bau mulut, baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak.

Penyakit Akibat Plak Gigi

Jika dibiarkan terus menerus, plak pada gigi akan menimbulkan kerusakan gigi dan gusi, atau bahkan dapat merusak tulang pendukung gigi, yaitu:

- Gigi berlubang atau membusuk. Jika tidak segera diobati, kerusakan gigi ini dapat menyebar hingga pulpa (lapisan akar) di bagian tengah gigi dan menyebabkan sakit gigi serta abses.

- Kalkulus (tartar), yaitu lapisan plak yang mengeras seperti semen yang tidak dapat dihilangkan dengan sikat gigi.

- Gingivitis, merupakan peradangan pada gusi yang menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak, dan terasa sakit.

- Periodontitis, adalah infeksi pada gusi yang menyebar dan mengakibatkan kerusakan tulang gigi di sekitar rahang. Periodontitis terjadi apabila gingivitis semakin parah. Penyakit ini menyebabkan terbentuknya celah antara gigi dan gusi. Jika tidak segera diobati, maka gigi perlahan-lahan akan melepaskan diri dari gusi dan akhirnya copot.

Mencegah dan Menghilangkan Plak Gigi

Selain menyebabkan gigi terlihat berwarna kuning dan mengakibatkan penyakit, plak gigi juga mampu membuat senyum Anda tampak tidak indah untuk dilihat. Cara mencegah dan menghilangkan plak gigi yang ampuh dan tepat bisa dilakukan dengan berbagai langkah berikut ini:

- Menyikat gigi. Cara terbaik untuk memerangi plak gigi adalah dengan menyikat gigi dua kali setiap hari, pagi dan malam hari. Menyikat gigi dua kali setiap hari dapat membantu Anda mencegah pembentukan plak dan menghancurkan setiap plak yang mulai terbentuk. Bakteri penyebab plak gigi akan terus berkembang, untuk itu menyikat gigi harus dilakukan secara teratur.

- Menyikat gigi menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride selama dua menit. Flouride mampu melindungi gigi dengan cara mengikat enamel dan menciptakan permukaan yang lebih keras. Pastikan juga agar seluruh bagian mulut (gigi, gusi, lidah, bagian dalam pipi) tersikat dengan bersih.

- Ganti sikat gigi maksimal 3-4 bulan sekali secara rutin.

- Gunakan benang gigi atau tusuk gigi setidaknya sekali setiap hari (sebelum tidur malam) untuk menghilangkan bakteri dan sisa makanan.

- Diskusikan dengan dokter gigi Anda terkait penggunaan mouthrinse atau obat kumur. Sebab ini berbeda dengan mouthwash yang fungsinya hanya untuk menyegarkan napas. Beberapa jenis obat kumur bisa membuat rongga mulut kering dan justru bisa membantu berkembangnya plak jenis tertentu.

- Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis dan lengket seperti permen, camilan berlapis cokelat, kismis atau minuman bersoda.
Konsumsi makanan dengan takaran seimbang dan batasi camilan. Jika ingin camilan, Anda bisa memilih yogurt murni (tanpa perasa dan pemanis tambahan), buah, keju, atau sayuran mentah. Selain dapat menghilangkan sisa makanan, sayuran seperti seledri juga bisa membantu air liur untuk menetralkan asam penyebab plak.

- Datangi dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali atau segera saat mengalami sakit gigi untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan gigi.

Jika gigi Anda sudah tertutup oleh plak, jangan khawatir karena plak bisa dihilangkan. Dokter gigi dapat melakukan perawatan untuk membersihkan gigi dari berbagai jenis plak. Terbentuknya kembali plak pada gigi bisa dicegah dengan mudah jika Anda selalu menjaga kebersihan mulut. Plak hilang, gigi sehat, senyum dan tawa pun menjadi lebih menawan.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama