Tidak Perlu Obat, Daun Ini Dapat Turunkan Kadar Asam Urat Dan Gula Darah

Tidak hanya bijinya menjadi emping, daun melinjo juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan...Daun melinjo yang dikonsumsi sebagai makanan atau..
Tidak hanya bijinya menjadi emping, daun melinjo juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan bahkan diolah menjadi obat herbal. Selain itu, manfaat daun melinjo bagi kesehatan juga sangatlah beragam. Hal ini berkat kandungan nutrisi dan antioksidan yang terdapat di dalam daun melinjo tersebut.

Di Indonesia, daun melinjo biasanya digunakan dalam berbagai macam masakan, seperti sayur asem, sayur bening, sayur lodeh bahkan untuk lalapan. Selain mudah ditemukan dan murah harganya, daun melinjo juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan sehat.

daun melinjo obat asam urat gula darah

Daun melinjo kaya dengan kandungan antioksidan dan beragam nutrisi lainnya, seperti:

- Vitamin A
- Serat
- Zat besi
- Fosfor
- Kalium
- Magnesium
- Kalsium
- Zinc

Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

Daun melinjo yang dikonsumsi sebagai makanan atau minuman herbal (jamu) bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah beberapa manfaat yang terdapat pada daun melinjo:

1. Menurunkan kadar asam urat

Berbeda dengan bijinya yang bisa menyebabkan kadar asam urat menjadi tinggi, pada bagian kulit biji dan daun melinjo justru baik untuk menurunkan gejala asam urat. Beberapa riset menunjukkan bahwa mengkonsumsi daun melinjo mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Meskipun demikian, manfaat daun melinjo sebagai obat asam urat ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengelola kadar gula dalam darah

Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol lama-kelamaan akan bisa memicu terjadinya resistensi insulin. Jika tidak diobati, maka kondisi ini bisa berkembang menjadi penyakit diabetes.

Beberapa studi yang dilakukan di laboratorium menyebutkan bahwa ekstrak daun melinjo bisa mengontrol kadar gula darah serta bisa meningkatkan efektivitas kinerja hormon insulin. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa daun melinjo memiliki potensi sebagai obat herbal untuk mengontrol gula darah.

Akan tetapi, jangan hanya memanfaatkan daun melinjo. Anda juga perlu membatasi makanan tinggi gula, agar kadar gula darah lebih mudah terkontrol.

3. Menjaga berat tubuh tetap ideal

Daun melinjo mengandung banyak serat, sehingga dapat membuat Anda merasa cepat kenyang dan kenyang lebih lama. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa daun melinjo bisa mengurangi kolesterol jahat, meningkatkan metabolisme tubuh, serta menjaga berat badan agar tetap ideal.

Sayangnya, manfaat daun melinjo yang satu ini belum banyak diteliti pada manusia. Oleh sebab itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Untuk menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal, Anda disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur serta membatasi konsumsi makanan tinggi kalori, lemak, dan gula.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, terlebih pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini sangatlah penting. Anda dapat memperkuat daya tahan tubuh dengan rutin berolahraga, menjalani pola makan sehat, mengurangi sesuatu yang berisiko stres, dan mengkonsumsi suplemen atau produk herbal tertentu, misalnya daun melinjo.

Salah satu studi menyebutkan bahwa daun melinjo mengandung berbagai antioksidan dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, seperti zat besi, zinc, dan magnesium. Oleh sebab itu, Anda bisa menambah daun melinjo ke dalam menu makan sehat Anda sehari-hari agar tubuh tetap fit dan kuat.

5. Menangkal radikal bebas

Seperti yang telah diketahui, bahwa antioksidan baik untuk menangkal tubuh dari radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit. Daun melinjo diketahui memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh dan menangkal efek radikal bebas.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun melinjo juga mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Sayangnya, berbagai manfaat daun melinjo yang telah disebutkan di atas hanya berdasarkan penelitian berskala kecil. Masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi efektivitas dari manfaat daun melinjo tersebut bagi kesehatan serta mempertimbangkan efek sampingnya.

Karena termasuk salah satu makanan sehat, daun melinjo boleh saja Anda masukkan ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Namun, agar tubuh tetap sehat, jangan hanya mengandalkan daun melinjo.

Anda tetap perlu menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, mengurangi stres, dan beristirahat yang cukup.

Jika Anda mengalami keluhan tertentu setelah mengkonsumsi daun melinjo, seperti sakit perut, diare, atau mual dan muntah, periksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan tindakan pengobatan.

Itulah informasi yang dapat Guru Abata bagikan terkait manfaat daun melinjo sebagai pengganti obat gejala asam urat dan gula darah. Semoga bermanfaat, dan semoga kita semua selalu diberikan kesehatan.