Lakukan 5 Tips Ini Agar Anak Jadi Lebih Senang Membaca!

Anak-anak zaman sekarang merupakan bagian dari generasi Z yang hidup di era digital. Realita yang terjadi, anak-anak di sekitar kita sudah terbiasa menggunakan internet dan aplikasi teknologi, bahkan anak yang masih balita juga sangat akrab dengan permainan dalam ponsel atau pun tontonan dari YouTube.

Hal tersebut di atas dalam kenyataannya tidak bisa dihindarkan. Semakin meluasnya teknologi dan berkembangnya zaman, maka tugas Ayah dan Bunda untuk mengarahkan anak-anak generasi digital ini agar tetap menomorsatukan pendidikan.

Lakukan 5 Tips Ini Agar Anak Jadi Lebih Senang Membaca

Berikut ini adalah beberapa tips cara membimbing anak agar senang membaca meskipun hidup di era serba digital seperti sekarang ini.

Baca juga: Gali Dan Kenali Potensi Anak Agar Dapat Mengembangkan Prestasinya

Orang Tua Dan Orang Dewasa Sebagai Filter Positif


Sebaik apapun nilai positif yang ditanamkan oleh orang tua, pengaruh lingkungan dan pergaulan pun sangat berperan besar dalam kehidupan anak-anak. Maka dari itu, memilah konten dan mengingatkan tentang mana yang baik untuk dilihat atau dibaca anak-anak, serta hal yang perlu dihindari dan tidak diikuti perlu dilakukan.

Ayah dan Bunda dapat juga mengecek gadget anak secara berkala untuk melihat aplikasi apa saja yang terinstal, konten apa saja yang ada dalam galeri dan website apa saja yang sering anak kunjungi. Hal ini merupakan cara terbaik sebagai kepedulian orang tua terhadap aktivitas anak dalam pemakaian teknologi dan internet.

Jadilah Panutan Atau Idola Bagi Anak


Jangan sampai sudah mansehati anak dan menyuruhnya untuk membatasi penggunaan gadget, namun sebaliknya Ayah dan Bunda kesehariannya tidak lepas dari menggunakan gadget. Berilah anak contoh nyata, memakai gadget boleh pada waktu-waktu tertentu saja tapi membaca buku itu sesuatu yang lebih mengasyikan.

Misalnya, Ayah dan Bunda dapat memulai membacakan kisah inspiratif atau sejarah untuk anak-anak yang usianya masih kecil. Berikan buku bacaan yang menarik dengan banyak gambar serta berwarna. Sedangkan untuk anak yang usianya lebih besar, carilah tema bacaan yang menarik untuk didiskusikan bersama anak.

Gunakan Gadget Secara Bijak


Dampingi anak ketika menggunakan gadget dan ajaklah anak mencari hal-hal menarik yang mengandung unsur pendidikan.

Misalnya, Ayah dan Bunda bisa bersama-sama membahas materi pelajaran di sekolah melalui penelusuran internet, sehingga anak akan terbiasa untuk mencari informasi bermanfaat di dunia maya dan mengetahui hal positif yang diperoleh dari pemakaian gadget.

Kaitkan Buku Bacaan Dengan Teknologi Terkini


Jangan biarkan anak kecanduan dengan gadget. Batasi waktu penggunaannya, serta hindari pemakaian gadget sebagai sumber utama dalam mencari informasi. Upayakan untuk selalu melibatkan buku bacaan saat mencari informasi di internet.

Misalnya, anak sedang tertarik dengan satu negara di dunia. Ayah dan Bunda dapat bersama-sama mencari informasi di internet, dan kemudian ajak anak membaca lebih lanjut dalam buku bacaan yang lebih lengkap informasinya.

Utamakan Membangun Karakter Pribadi Yang Baik


Sejak usia dini sebelum anak mendapat pengaruh dan stimulasi dari lingkungan sekitar dan dari luar rumah, tanamkan karakter pribadi yang baik, santun dan berakhlak mulia. Sehingga hal tersebut dapat meminimalisir efek negatif akibat pesatnya perkembangan teknologi terhadap anak.

Baca juga: Selama Anak Belajar Di Rumah, Ini Yang Perlu Dilakukan Orang Tua

Tumbuhkan dan terapkan nilai-nilai keagamaan di lingkungan rumah dan perilaku yang berbudi pekerti luhur. Misalnya, rutin melakukan kegiatan ibadah bersama anak-anak. Serta contohkan tentang cara bersikap yang baik kepada anak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anak akan menirukan apa yang diperlihatkan oleh orang tuanya.

Kids zaman now adalah generasi penerus bangsa dengan segala kecanggihan teknologi dan informasi serta lingkungan yang berpengaruh dalam tumbuh kembangnya. Meskipun demikian, peran orang tua tetaplah menjadi kunci utama dalam membentuk karakter dan membangun jiwa digital agar anak-anak terus mencintai asyiknya kegiatan membaca dan belajar melalui media apapun.

Kirim Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi.
Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama