Suplemen BDR Bersama Orang Tua Untuk SMP

Situasi pandemi corona virus deseas (Covid-19) yang terjadi di seluruh penjuru dunia telah mempengaruhi penutupan sekolah hingga akhirnya mengharuskan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan “jaga jarak” (social distancing).

Hal ini menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan normal seperti biasanya. Belajar dari rumah (Learning From Home – LFH) bagi siswa dan mengajar/bekerja dari rumah (Work From Home – WFH) bagi guru untuk semua jenjang pendidikan.

Suplemen BDR Bersama Orang Tua Untuk SMP

Learning From Home atau secara konseptual adalah pembelajaran jarak jauh ini termasuk baru untuk jenjang SMP, sehingga berimplikasi pada proses pelaksanaannya. Guru tidak sendiri lagi mengelola pembelajaran seperti di sekolah, demikian juga orangtua tidak lagi dapat menyerahkan seluruh aktivitas belajar anak kepada guru, namun orangtua dan guru bekerja sama untuk mendampingi siswa dalam kegiatan belajarnya.

Perubahan ini dirasakan oleh siswa, guru dan juga orangtua, sehingga dibutuhkan strategi untuk efektivitas komunikasinya. Interaksi guru dan orangtua dalam proses kegiatan belajar anak membutuhkan strategi yang dapat menyesuaikan karakteristik siswa, guru, orangtua yang memenuhi kriteria pembelajaran jarak jauh.

Untuk membantu guru dan orang tua dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui kegiatan belajar di rumah, diperlukan adanya suplemen yang bisa memberikan petunjuk bagi guru dan orang tua.

Dengan demikian, suplemen ini disusun agar par guru dan orang tua dapat bekerjasama secara intensif dalam memberikan kegiatan stimulasi terhadap perkembangan anak selama belajar di rumah. Diharapkan agar suplemen ini bisa memberikan manfaat bagi semua pihak yang berkepentingan untuk tumbuh kembang anak secara optimal.

Tujuan Suplemen BDR untuk SMP


- Melaksanakan pendampingan belajar dari rumah (BDR)

- Mendorong kolaborasi orangtua, guru/Tutor Paket

- Memberikan solusi bagi orangtua dalam melaksanakan belajar dari rumah baik daring maupun luring

- Memastikan siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan serta kebutuhannya

Manfaat Suplemen BDR untuk SMP


- Membantu efektivitas komunikasi orangtua/keluarga dan guru/tutor Paket B

- Membantu orangtua/keluarga memahami pelaksanaan kegiatan belajar anak di rumah

- Membantu orangtua/keluarga membangun kelekatan dengan anak

Bagi Anda yang hendak mendownload Suplemen BDR Bersama Orang Tua untuk Sekolah Menegah Pertama silahkan melalui tautan link di bawah ini:

Suplemen BDR Orang Tua SMP.pdf, Download via Googel Drive

Demikianlah Buku Suplemen PJJ / Belajar Dari Rumah Bersama Orang Tua untuk SMP yang bisa Guru Abata bagikan, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama