Ingin Cepat Dalam Menghafal? Bacalah Dengan Suara Keras!

Hai sobat Guru Abata, adakah cara atau metode yang Anda miliki untuk menghafalkan sesuatu dengan cepat? Pada kesempatan ini Guru Abata akan membahasnya dalam artikel ini, silahkan simak dan bandingakan dengan metode yang Anda miliki tersebut.

Di lingkungan sekitar kita, sangat lumrah kiranya ketika belajar membaca cukup melakukannya di dalam hati sambil direnungkan dan diresapi.

Namun ternyata suatu penelitian telah mengungkap bahwa membaca dengan cara melafalkannya dengan keras menimbulkan efek yang sangat baik.

Dikutip dari The Verge, terdapat suatu penelitian yang diumumkan di Memory, para ilmuwan membuat suatu penelitian yang diterapkan kepada 75 orang siswa. Masing-masing dari mereka diperintahkan untuk mengatakan 160 kata dengan suara agak keras.

Setelah itu, para siswa tersebut ditugaskan untuk menghafalkan 160 kata tersebut dengan berbagai macam metode penghafalan.

Ingin Cepat Dalam Menghafal? Bacalah Dengan Suara Keras!

Mulai dari metode menyimak rekaman suara sendiri, membaca kata demi kata, mendengarkan perkataan orang lain, membaca dalam hati, sampai ada pula yang membaca dengan suara keras yang terdengar oleh diri sendiri.

Dua minggu kemudian dilakukan pengujian mengenai kata yang telah mereka hafalkan. Dan rupanya metode yang dianggap paling efektif dalam menghafal adalah membaca dengan suara keras.

Hal tersebut diketahui dari hasil pengujian menghafal, dimana metode menghafal dengan suara yang keras mendapatkan perolehan 77 persen jawaban yang benar. Kemudian disusul oleh metode mendengarkan rekaman suara sendiri, menyimak rekaman suara orang lain, serta metode membaca di dalam hati.

Menurut penuturan dari ilmuwan yang melakukan studi ini, keuntungan dari metode membaca dengan suara keras dalam menghafal adalah kombinasi dari membaca dan mendengarkan bacaan diri sendiri ketika membacanya.

Menghafal dengan membacanya secara keras memiliki korelasi dengan beberapa proses yang terjadi di dalam otak yang menjadikannya lebih aktif dan dapat melibatkan kita dengan kata-kata yang sedang kita baca.

Sobat Guru Abata, menurut Anda selain membaca dengan suara keras, apakah ada cara lain yang lebih efektif agar dapat menghafal dengan baik?

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama