Virus Corona Varian Baru Cepat Menular, Warga Dihimbau Pakai Masker Dobel

Kementerian Kesehatan menemukan 54 kasus Covid-19 di Indonesia yang berasal dari virus corona varian baru dan tergolong Variant of Concern (VoC). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa beberapa VoC yang dimaksud adalah B117 yang berasal dari Inggris, B1351 berasal dari Afrika Selatan, dan B1617 berasal dari India.

Variant of Concern adalah varian virus corona yang memiliki mutasi yang dapat mempengaruhi terhadap kemampuan penularan, kepekaan alat tes, tingkat keparahan gejala, bahkan kemampuan virus untuk menghindar dari sistem kekebalan tubuh.

varian baru virus corona

Dikutip dari Detik.com, dalam beberapa bulan terakhir, jenis-jenis varian baru virus Corona tersebut telah muncul di seluruh dunia. Dari beberapa varian baru ini pula dapat menular lebih cepat antar individu.

Dengan munculnya varian baru virus corona yang lebih cepat menular, sehingga tindakan pencegahan harus terus dilakukan bahkan menjadi lebih diprioritaskan dari pada sebelumnya. Para ahli sepakat bahwa dengan memakai masker dobel akan lebih baik dalam mencegah paparan virus Covid-19.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan agar masyarakat menggunakan masker dobel. Hal tersebut dianggap mampu menurunkan risiko penularan Covid-19 hingga 90%.

CDC menuturkan bahwa penggunaan masker rangkap bisa meningkatkan kemampuan filtrasi atau penyaringan udara yang dihirup dan dihembuskan. Hal ini dipercaya lebih efektif karena masker rangkap menggandakan lapisan material yang harus dilalui oleh tetesan.

Namun demikian, dalam penggunaan masker dobel ini perlu memahami terkait beberapa aturan harus menjadi perhatian masyarakat. Salah satunya adalah tidak boleh menggunakan dua masker medis secara bersamaan.

Jika ingin menggunakan masker rangkap / dobel, maka gunakanlah masker medis dengan jenis masker yang berbahan kain. Selain itu, ketika memilih masker kain, pilih salah satu yang memiliki setidaknya dua atau tiga lapis kain.

Berikut adalah tips untuk meningkatkan efektivitas masker:

- Gunakan masker yang memiliki nose wire atau kawat di bagian hidung.

- Gunakan penyangga masker yang elastis untuk meminimalisir celah udara.

- Ikat karet telinga dan lipat masker apabila masker lebih besar dari ukuran wajah.

Demikian informasi yang bisa Guru Abata sampaikan terkait perkembangan virus Corona varian baru yang cepat menular, sekiranya kita semua agar selalu waspada dan menggunakan masker jika berada di luar rumah. Semoga bermanfaat, dan semoga kita selalu senantiasa diberikan kesehatan.
Baca Juga
Tanto Fajrin

Allah lebih menyukai Pelaku Maksiat yang mau taubat, dari pada orang Sholeh yang tidak pernah merasa salah. - UAH

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama