Selain Nasi, Inilah Empat Makanan Pokok Khas Indonesia Yang Perlu Diketahui

Setiap negara pasti memiliki makanan pokok masing-masing. Seperti yang Anda...Meskipun nasi adalah salah satu sumber energi terbaik, nyatanya ada...
Setiap negara pasti memiliki makanan pokok masing-masing. Seperti yang Anda ketahui, jika di Indonesia nasi adalah salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakatnya. Bukan hanya di Indonesia, sebagian besar negara di Asia juga menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya.

Selain cocok dapat dikombinasikan dengan berbagai macam bahan makanan lainnya, nasi putih merupakan salah satu sumber energi terbaik bagi tubuh.

makanan pokok khas indonesia

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam satu piring nasi atau setidaknya 200 gram nasi putih, di dalamnya terkandung kurang lebih 250 kalori dan 53,2 gram karbohidrat. Selain itu, nasi juga mengandung gula dan pati yang cukup tinggi.

Makanan Pokok Khas Indonesia Yang Perlu Diketahui

Meskipun nasi adalah salah satu sumber energi terbaik, nyatanya ada jenis makanan pokok lain di Indonesia yang kandungan energinya tudak kalah jauh baik dengan nasi. Berikut adalah beberapa jenis makanan pokok khas Indonesia yang tidak kalah mengandung gizi tinggi.

1. Sagu

Meskipun belum pernah mencobanya, mungkin sesekali Anda pernah mendengar tentang sagu. Nah, sagu biasanya dijadikan sebagai makanan pokok bagi masyarakat yang berada di daerah Indonesia bagian timur, seperti Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

Bahan dasar makanan yang satu ini acap kali diolah menjadi papeda dan disajikan bersama lauk ikan berkuah kuning beserta sayur mayur.

Mirip seperti nasi, sagu mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi. Jika pada nasi mengandung gula, dalam sagu dilengkapi dengan zat besi, kalium, dan kalsium, serta vitamin dan asam folat. Meskipun begitu, nutrisi-nutrisi ini jumlahnya tidak terlalu signifikan.

2. Singkong

Nah, jika singkong tentunya Anda pernah mencobanya. Pasalnya, di daerah Jawa, singkong sering kali diolah menjadi makanan ringan, seperti keripik, kolak, tiwul, atau bahkan digoreng dan direbus.

Selain mudah diolah menjadi berbagai macam makanan, kandungan nutrisi dalam singkong juga tidak kalah baik untuk kesehatan. Sekitar 100 gram singkong terkandung 40 gram karbohidrat, 165 kalori, dan 2 gram serat, gula, serta protein.

3. Jagung

Selain singkong, jagung juga sering dijadikan sebagai makanan camilan, seperti popcorn, jagung bakar, atau bahkan jasuke (jagung susu keju).

Tahukah Anda bahwa jagung juga bisa dijadikan nasi?

Nasi jagung adalah makanan pokok masyarakat Madura dan beberapa daerah yang berada di Jawa Timur secara turun-temurun. Kandungan karbohidrat dalam jagung membuat bahan makanan yang satu ini cocok dijadikan sebagai makanan pokok.

Bukan hanya karbohidrat, jagung juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Jagung seberat 160 gram setidaknya mengandung 177 kalori, 41 gram karbohidrat, vitamin C, B1, B9, serta magnesium dan kalium.

4. Ubi

Walaupun rasanya manis, ternyata kandungan gula dalam ubi lebih rendah dari pada nasi. Itulah sebabnya bahan makanan ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mengurangi sedikit gula.

Kandungan karbohidrat dalam ubi juga merupakan salah satu sumber energi yang baik apalagi ditambah dengan aneka vitamin, mineral, dan serat di dalamnya.

Jika selama ini Anda memilih nasi sebagai makanan pokok, sesekali mungkin Anda bisa mencoba bahan makanan lain untuk mendapatkan pengalaman dan sensasi baru dalam menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.